Peningkatan Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit dengan SELASIH (Sehat dengan Layanan Welas Asih)
Berjalan
Pelayanan Kesehatan, Pelayanan RS
dr. H. Hariyono, M.Si
SDG's - Kehidupan Sehat dan Sejahtera
Oecd -
RB Tematik -
Penghargaan - Top 99/2016
Kompetisi -
Kurasi Ringkasan
Kabupaten Bojonegoro memiliki jumlah penduduk 1.236.607 jiwa yang tinggal di 28 kecamatan dan 430 desa dan kelurahan. Jumlah RS yang tersedia ada 10, terdiri atas 3 RS Pemerintah, 1 RS TNI/Polri, dan 6 RS Swasta. RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoeosemo merupakan salah satu Rumah Sakit milik Pemerintah Kabupaten Bojonegoro. Sebagai Rumah Sakit Rujukan di wilayah Kabupaten Bojonegoro dan sekitarnya (Kabupaten Blora, Tuban dan Lamongan), RSUD Bojonegoro menjadi salah satu RS pilihan untuk mencari pengobatan paripurna. Namun masih banyak keluhan terkait pelayanan di RSUD di antaranya pelayanan petugas yang kurang baik dan lingkungan RS yang kurang nyaman. Keluhan masyarakat terhadap RSUD terdiri atas sikap dan perilaku petugas pelayanan kurang baik (57,14%), lingkungan RS kurang nyaman (26,98%) mengakibatkan dampak negatif psikologis, sosial, keuangan, dan keberlanjutan. Pimpinan dan Manajemen RS menerapkan inovasi Sehat dengan Layanan Welas Asih (SELASIH) mulai tahun 2014 dengan memberi kan kemudahan dan kenyamanan pelayanan. RS Welas Asih menerapkan prinsip kasih sayang kepada sesama, melayani pasien layaknya keluarga sendiri serta semangat bekerja yang tulus dan ikhlas untuk meringankan penderitaan orang lain. Inovasi dimulai dengan iden tifikasi permasalahan, penyusunan regulasi, sosial isasi inovasi melalui media cetak, elektronik, dan sosial. Selanjutnya kegiatan inovasi dilaksanakan berupa layanan customer service, pemberlakuan jam berkunjung, temu pasien minimal 1 kali dalam 2 jam, anjuran membuang sampah pada tempat nya, konsultasi dan penyampaian informasi pasien kepada keluarganya. Sebelum inovasi, pelayanan tidak teratur dan lingkungan RS tidak nyaman. Setelah inovasi, perbaikan pelayanan dilakukan dengan dilandasi kasih sayang menuju pelayanan yang berkualitas. Setelah inovasi, beberapa peraturan tentang inovasi diberlakukan. Akses pelayanan lebih mudah. Lingkungan rumah sakit semakin bersih dan nyaman. Pengaduan masyarakat terkait perilaku petugas dan jumlah hari perawatan menurun. Loyalitas pasien, komunikasi yang baik antara petugas dan pasien, dan kepuasan masyarakat meningkat. Komitmen pimpinan, kemitraan, efisiensi biaya, manajemen efektif, komunikasi dua arah, pelayanan medis dan psikis, merupakan kunci untuk mempercepat kesembuhan pasien.
Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya
- 09 Oct 2024
- JAWA TIMUR
- Kehidupan Sehat dan Sejahtera
- Dilihat
- Minat
- Kesepakatan
- Replikasi
Wilayah Instansi & Inovasi
Pemerintah Kabupaten Bojonegoro
JAWA TIMUR
RSUD Dr.R.Sosodoro Djatikoesoemo