Kota Yang Terbuka Untuk Kota Yang Lebih Cerdas

Berhenti/Vakum
Smart City, Pengelolaan Kota, Tata Ruang dan Wilayah
Setiaji Cs
SDG's - Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan
Oecd -
RB Tematik - Peningkatan Investasi , Digitalisasi
Penghargaan - Top 99/2016
Kompetisi -

Kurasi Ringkasan

Provinsi DKI Jakarta merupakan ibukota Indonesia, pusat pemerintahan dan perekonomian nasional. Penduduk Jakarta pada tahun 2015 berjumlah 9.988.495 jiwa dan pekerja komuter dari daerah penyangga berjumlah 1.382.296 jiwa. Sebagai kota besar, Jakarta memiliki permasalahan yang sangat kompleks. Transportasi, sampah, air bersih, dan berbagai layanan publik lainnya membutuhkan manajemen yang efektif dan efisien. 
Dinas Komunikasi Informatika dan Kehumasan Propinsi DKI Jakarta pada Desember 2014 meluncurkan inovasi Smart City (JSC) yaitu sistem terpadu berbasis teknologi informasi yang menghubungkan seluruh potensi kota Jakarta berupa portal dan aplikasi di telepon pintar. Tampilan JSC berbentuk peta geospasial dan footage dari CCTV di berbagai sudut kota. JSC memiliki 6 karakteris tik yaitu Smart Governance, Smart People, Smart Living, Smart Mobility, Smart Economy, dan Smart Environment. Target inovasi adalah pencapaian Kota Terbuka dan Cerdas yaitu kota yang mengedukasi dengan membuka semua data yang bermanfaat tanpa batasan dan syarat apa pun. Koordinasi dan sinergi antar unit kerja dilakukan. Aplikasi dan software dikembangkan. Data yang dimiliki dibagikan kepada publik dengan Application Programming Interface sehingga menjadi open data. 
Sebelum inovasi, data tersebar di berbagai unit kerja tanpa koordinasi yang jelas. Setelah inovasi, terwujud in formasi tunggal Kota Terbuka dan Cerdas didukung kerja sama dengan Google Waze dan Google Maps. Keluhan warga melalui Qlue dan data pembangunan sektoral dapat ditampilkan. CCTV diintegrasikan dan dipublikasi secara online. Setelah adanya inovasi ini kemacetan dan banjir dapat diantisi pasi pengguna jalan berkat data Google Waze dan Qlue. Masyarakat dapat melihat seluruh CCTV yang berada di Jakarta. Jumlah pengunjung portal dan download aplikasi meningkat. Akses informasi berbagai layanan publik meningkat. Keluhan warga kota dapat diterima dan ditindaklanjuti dengan cepat. Informasi pembangunan kota dapat diakses sehingga meningkatkan pengawasan publik. 
Kunci keberhasilan inovasi ini adalah konsep yang jelas, integrasi berbagai sistem informasi, keterbukaan informasi publik, dan sinergi antar pemangku kepentingan. Dengan adanya portal, setiap permasalahan dapat dilihat dan dianalisis, diantisipasi secara cepat dan akurat melalui pemanfaatan teknologi informasi yang pintar.

Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya

  • Publikasi
  • Provinsi
  • SDG's
  • 17 Oct 2024
  • DKI JAKARTA
  • Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan

0

0

  • Dilihat
  • Minat
  • Kesepakatan
  • Replikasi
  • 129
  • 0
  • 0
  • 0

Wilayah Instansi & Inovasi

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

DKI JAKARTA

Unit Pengelola Jakarta Smart City Dinas Komunikasi Informatika dan Kehumasan

Hak Cipta(C)2022 - 2024 Etalase Pelayanan Publik dari Seluruh Daerah di Indonesia | Privacy Policy