INOVASI SIMDANA (SISTIM INFORMASI DARURAT BENCANA) PRODUK INOVASI PELAYANAN PUBLIK PADA KECAMATAN TEMPULING KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Berjalan
Penanggulangan bencana
HENDRIYANTO,SE Cs
SDG's - Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh
Oecd -
RB Tematik - Digitalisasi
Penghargaan - INNOVATIVE GOVERNMENT AWARD 2022
Kompetisi -

Kurasi Ringkasan

                      Kabupaten Indragiri Hilir dikenal dengan julukan Negeri Seribu Parit merupakan dataran rendah, berawa, dengan hamparan gambut terluas di Provinsi Riau mencapai 998.610 Hektar dengan kedalam rata-rata mencapai 300 cm, disamping itu masyarakat Indragiri Hilir pada umumnya bermukin di pinggir dan tepian sungai indragiri. Tidak terkecuali Kecamatan Tempuling sebagai pintu gerbang masuk untuk menuju ke ibukota kabupaten Tembilahan yang semakin tahun mobilitas penduduk terus mengalami peningkatan. Kondisi ini memiliki potensi untuk terjadinya kerawanan bencana seperti kebakaran lahan gambut saat musim kemarau, abrasi sungai dan kebakaran pada pemukiman akibat laju pertambahan penduduk dan pemukiman warga yang padat. Sulitnya akses jalan dan luasnya wilayah sering membuat keterlambatan dalam penanganan bencana dan sulit untuk memberikan pelayanan maksimal pada masyarakat Indragiri Hilir dalam penanggulangan bencana, saat bencana dan pasca bencana. 
Rendahnya Kinerja penyelesaian masalah bencana yang terjadi, membuat Pemerintah Daerah harus berfikir keras dan membuat sebuah terobosan membentuk sistim dan alur informasi Percepatan Penanganan Darurat Bencana di Indragiri Hilir khususnya di Kecamatan Tempuling, permasalahan ini salah satunya disebabkan belum maksimalnya koordinasi informasi antar sektor dan informasi yang cepat serta penyajian data akurat dalam penyelesaian masalah penanganan bencana di Kecamatan Tempuling.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka Pemerintah Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir perlu membuat sebuah terobosan dalam mengoptimalkan pengelolaan dan penanganan dalam menanggulangi keterlambatan informasi dan data pelayanan penaggulangan bencana dalam wilayah Kecamatan Tempuling dengan satuan kerja penanganan bencana yang telah ada pada Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir seperti BPBD, DAMKAR dan Dinas Sosial.
Adapun terobosan yang dibuat dalam mengotimalkan menanggulangi keterlambatan informasi dan data pelayanan penaggulangan bencana dalam wilayah Kecamatan Tempuling yakni dengan membentuk sebuah kanal informasi memanfaatkan teknologi sederhana berupa website dan aplikasi pesan dalam rangka Percepatan Pelayanan arus informasi dan data bencana diwolayah Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir dengan tujuan untuk meningkatkan koordinasi dan kinerja satuan organisasi yang telah dibentuk dalam menangani bencana, sehingga penanganan bencana dapat dilakukan dengan cepat. Inovasi lintas sektoral tersebut disingkat dengaan SIMDANA (Sistim Informasi Darurat Bencana) yang melibatkan Organisasi Perangkat Daerah Lainnya dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hilir yang menjadi bagian dari Satuan Tugas ini diantaranya : Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, Pemadam Kebakaran Kabupaten Indragiri Hilir, Dinas Sosial Kabupaten Indragiri Hilir, Satuan Polisi Pamong Praja, Kabupaten Indragiri Hilir, Baznas Indragiri Hilir.
Peran Stategis yang harus dimainkan oleh Kantor Camat Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir sebagia bagian penting dalam SIMDANA tersebut yakni Penyampai informasi tentang darurat bencana pra kejadian bencana, saat kejadian bencana dan pasca kejadian bencana. Oleh karena itu, terobosan-terobosan inovatif pun dibuat agar SIMDANA untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam membantu OPD yang menangani bencana untuk menyampaikan informasi akurat yang berasal masyarakat, aparat ditingkat Desa dan Kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir.
Salah satu terobosan yang dibuat oleh Tim SIMDANA yakni membuat layanan pengaduan online melalui dukungan website resmi Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir dan penyediaan layanan telpon, tentang kejadian dan keluhan masyarakat dan aparat yang menangani bencana di Desa dan Kelurahan serta layanan admin whatsapp serta adanya Group Whatsapp SIMDANA. Kesemuanya ini dilakukan oleh Tim SIMDANA Kantor Camat Tempuling agar data dan Informasi terkait bencana cepat ditanggapi dan secara cepat pula ditindak lanjuti oleh Tim SIMDANA ke OPD yang berwenang menangani bencana di Kabupaten.
Selain itu, dalam SIMDANA semua pemangku kepentingan yang berkaitan dengan penanggulangan bencana tergabung dan berguna untuk mendukung pengambilan keputusan terkait keluhan atau aduan masyarakat menyangkut pelayanan penangan bencana dan berguna sebagai data acuan untuk melakukan tindakan atau pekerjaan.
Oleh karena itu, dengan adanya SIMDANA yang dijalankan oleh Kecamatan Tempuling akan menambah dukungan bagi pengambil kebijakan di tingkat Kabupaten dalam menindaklanjuti segala bentuk bencana dan aduan masyarakat terkait pelayanan Penanganan Bencana. SIMDANA digunakan sebagai Sumber Informasi darurat kejadian bencana secara elektronik bagi Kecamatan Tempuling untuk menentukan langkah penanganan kejadian bencana dan keluhan/aduan masyarakat dan memberikan dukungan bagi OPD terkait yang menangani bencana untuk mengambil langkah atau kebijakan yang lebih cepat dan tepat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Sejak adanya SIMDANA yang menyediakan fasilitas layanan pengaduan online bagi masyarakat dan aparatur Desa dan Kelurahan yang bertugas di bawah, maka berbagai macam permasalahan terkait informasi dan pelayanan yang dijalankan aparatur di Desa dan Kelurahan tersebut sudah dapat diatas dengan cepat dan tepat. Hal ini dibuktikan dengan hasil survey yang dilakukan pada bulan Nopember 2021 terkait kualitas layanan informasi SIMDANA dengan sampel dari masyarakat, yang mana porsentase kemanfaatan sudah berada pada angka 70 % ke atas.
                    
        

Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya

  • Publikasi
  • Provinsi
  • SDG's
  • 13 Sep 2024
  • RIAU
  • Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh

0

0

  • Dilihat
  • Minat
  • Kesepakatan
  • Replikasi
  • 1155
  • 0
  • 0
  • 0

Wilayah Instansi & Inovasi

Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir

RIAU

Kecamatan Tempuling

Hak Cipta(C)2022 - 2025 Etalase Pelayanan Publik dari Seluruh Daerah di Indonesia | Privacy Policy