SIMelDIK (SISTEM INFORMASI MANAJEMEN Elektronik PESERTA DIDIK) PPDB Online SD NEGERI 032 TEMBILAHAN PRODUK INOVASI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Berjalan dengan pengembangan
pendidikan
Dr. H. M. IRWAN, MM., M.Si Cs
SDG's - Pendidikan Berkualitas
Oecd -
RB Tematik - Digitalisasi
Penghargaan - Innovative Government Award (IGA) 2023
Kompetisi -

Kurasi Ringkasan

                      Pandemi Covid 19 yang melanda dunia termasuk Indonesia membuat terganggu dan tidak normal bahkan lumpuhnya beberapa tatananan kehidupan tidak terkecuali dunia pendidikan. Pembelajaran selama pandemi covid 19 dilaksanakan dengan cara Pembelajaran jarak jauh dan Daring. Pertemuan atau kegiatan yang mengumpulkan orang dilarang dan dibatasi. 
SD Negeri 032 Tembilahan terletak di kawasan strategis perkantoran dan merupakan salah satu sekolah penggerak di antara 2500 sekolah se Indonesia juga menerapkan pembelajaran Daring untuk mengantisipasi penularan covid 19. Sebagai sekolah penggerak yang berbasiskan digitalisasi dan data maka sistem Penerimaan Peserta Didik Baru dipandang perlu untuk dilakukan perubahan ke arah digitalisasi dalam pelayanannya.
Di Era Merdeka Belajar, Kebijakan yang telah diluncurkan Oleh Kemendikbudristek mendorong agar kita semua dapat membangun kolaborasi melalui berbagai sarana dan fasilitas. Salah satunya fasilitas digital yang dapat digunakan sebagai sarana mengakses sumber informasi yang akan membantu meningkatkan pelayanan terhadap pendidikan khususnya di kabupaten indragiri hilir dijenjang pendidikan dasar.
Penerimaan Peserta Didik Baru adalah salah satu rutinitas kegiatan satuan pendidikan lakukan sebelum tahun ajaran bermula. Demi pemerataan jumlah peserta didik disetiap satuan pendidikan. Dinas pendidikan kabupaten indragiri hilir memberikan jumlah kuota disetiap satuan pendidikannya. Agar tidak terjadinya diskriminasi pelayanan pendidikan terhadap masyarakat.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir perlu membuat sebuah terobosan dalam mengoptimalkan pengelolaan dalam pelayanan pendidikan di Kabupaten Indragiri Hilir. Adapun terobosan yang dibuat dalam mengoptimalkan pelayanan pendidikan yang dibuat oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir dengan membentuk TIM SIMelDIK (Sistem Informasi Manajemen Elektronik Peserta Didik) PPDB Online yang merancang bangun aplikasi berbasis web dalam jaringan dalam rangka Pelayanan Terhadap Calon Peserta didik di Kabupaten Indragiri Hilir dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri, sehingga keluhan masyarakat terhadap penerimaan peserta didik baru yang selalu disibukkan dengan antrian dan apalagi pada masa pandemi covid 19 yang harus dilakukannya pembatasan tatap muka sehingga dapat dengan cepat diatasi misalnya terkait tentang informasi dan penerimaan dan pengumuman hasil pendaftaran peserta didik baru.
Peran Stategis yang harus dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Kabupaten Indragiri Hilir sebagai bagian penting dalam pelayanan informasi dalam dunia pendidikan yang menjadi motor pergerakan layanan dunia ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, terobosan-terobosan inovatif pun dibuat agar satuan pendidikan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam melayani anak-anak didik dan masyarakat secara efektif dan efisien terkait penerimaan peserta didik baru dan informasi satuan pendidikan yang mereka inginkan.
Salah satu terobosan Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir yakni membuat layanan pengaduan online melalui dukungan website resmi Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir yang dapat di akses melalui link : http://disdik.inhilkab.go.id/ Penyediaan layanan telpon keluhan masyakarat serta layanan admin whatsapp dan juga adanya Group Whatsapp SIMelDIK (Sistem Informasi Manajemen Elektronik Peserta Didik). Kesemuanya ini dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Pihak Sekolah agar keluhan masyarakat terhadap pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara cepat ditanggapi dan cepat pula ditindak lanjuti.
Sejak adanya SIMelDIK (Sistem Informasi Manajemen Elektronik Peserta Didik) yang menyediakan fasilitas layanan pengaduan online bagi masyarakat dan Orang Tua Peserta Didik maka berbagai macam permasalahan terkait pelayanan pendidikan yang dijalankan Dinas Pendidikan Indragiri dan Satuan Pendidikan tersebut sudah dapat diatasi dengan cepat dan tepat. Hal ini dibuktikan dengan hasil survey yang dilakukan oleh Dinas Pendidkan Kabupaten Indragiri Hilir pada bulan Desember 2021 terkait kualitas layanan Dinas Penddiikan Kabupaten Indragiri Hilir dengan sampel dari masyarakat sebanyak 124 orang, yang mana porsentase kepuasan pelanggan sudah berada pada angka 75 % ke atas.
                    
        

Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya

  • Publikasi
  • Provinsi
  • SDG's
  • 24 Sep 2024
  • RIAU
  • Pendidikan Berkualitas

0

0

  • Dilihat
  • Minat
  • Kesepakatan
  • Replikasi
  • 1320
  • 0
  • 0
  • 1

Wilayah Instansi & Inovasi

Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir

RIAU

Dinas Pendidikan

Hak Cipta(C)2022 - 2025 Etalase Pelayanan Publik dari Seluruh Daerah di Indonesia | Privacy Policy