Apel Baja (Aplikasi Pelayanan Pengadaan Barang/Jasa)
Berjalan dengan pengembangan
Pengelolaan Barang dan Jasa
SETYA TEGUH IRIANTA, SE,. M.A.P. Cs
SDG's - Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh
Oecd -
RB Tematik -
Digitalisasi
Penghargaan - Top 99/2016
Kompetisi -
Kurasi Ringkasan
<p>Unit pemerintahan daerah (SKPD) yang dimiliki Pemerintah Propinsi Jawa Timur berjumlah 73 dan mempunyai lokasi yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota. Lokasi terjauh dari pusat pemerintahan provinsi terletak di Kabupaten Banyuwangi, yang berjarak 296 km dengan waktu perjalanan darat 68 jam dari Surabaya. Untuk menangani pengadaan barang dan jasa, ditunjuk 381 pejabat pembuat komitmen (PPK) yang berkoordinasi dengan Pelayanan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (P2BJ). Pelayanan pengadaan barang dan jasa berkualitas rendah akibat proses yang berbelit-belit, boros biaya dan waktu, tidak transparan. Juga tidak ada kepastian mengenai proses pelayanan sehingga pelayanan ini menjadi tidak efektif dan efisien, dan tidak profesional. P2BJ menerapkan inovasi Apel Baja (Aplikasi Pelayanan Pengadaan Barang/ Jasa) sebagai aplikasi online berbasis website yang mempunyai fungsi meringkas jarak, waktu dan biaya. Juga memudahkan pengusulan lelang, verifikasi, koreksi, koordinasi, kaji ulang, pengembalian usulan lelang, dan pengembalian dokumen hasil pelelangan. Apel Baja juga menangani dokumen perpajakan untuk semua lelang tersebut. Peraturan Gubernur Jatim menjadi landasan regulasi. Kemudian dibuat grand design dalam bentuk flow chart. Awalnya, pelayanan dibagi menjadi front office dan back office, paper less, fitur grand design, dan pelayanan kredibel. Tahun 2016 dilakukan perubahan yang signifikan, terkait dengan basic data, interface secara makro yang lebih friendly dan smooth. Dibangun integrasi antara aplikasi usulan paket dan pengembalian paket, hak akses yang lebih rahasia pada masingmasing user dan penambahan fiturĀfitur yang diperlukan untuk report dan pelaporan pada monitoring and evaluation. Apel Baja mengubah pelayanan dari tidak berkualitas menjadi pelayanan memuaskan. Sampai dengan 13 Januari 2016 pada data monev tercatat 110 pekerjaan yang telah diajukan: 68 pekerjaan selesai, 34 pekerjaan dalam proses, dan 8 pekerjaan dalam proses kaji ulang. Kerja sama jarak jauh dalam pengadaan barang/jasa tidak menjadi masalah. Tidak perlu meluangkan waktu, menyediakan biaya perjalanan dinas dan meninggalkan tugas pokok di SKPD untuk melakukan lelang. Cukup dengan mengakses p2bj.jatimprov.go.id di alamat web, maka Apel Baja hadir di depan PPK. Apel Baja mampu memberikan ke jelasan persyaratan yang harus dipenuhi PPK dalam mengusulkan paket pekerjaan dan mempercepat pengadaan barang/jasa di Provinsi Jawa Timur, memberikan kemudahan, kecepatan dan ketepatan dalam pelayanan yang diberikan oleh P2BJ kepada para PPK. Pelayanan semakin jelas, transparan, dan memuaskan. Penyediaan sarana dan prasa rana teknologi informasi menjadi kunsi sukses inovasi diikuti dengan layanan berkelanjutan berbasis online, standar operasional (SOP) yang jelas, dan tata kelola pelayanan yang baik. Apel Baja mampu mencatat tracking waktu tindakan yang dilakukan oleh masingmasing pengguna terhadap pekerjaan yang dalam tanggung jawabnya, sehingga bisa memacu kinerja dengan batasan waktu yang ditentukan sesuai SOP.</p>
Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya
- 13 Dec 2024
- JAWA TIMUR
- Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh
- Dilihat
- Minat
- Kesepakatan
- Replikasi
Wilayah Instansi & Inovasi
Pemerintah Provinsi Jawa timur
JAWA TIMUR
UPT Pelayanan Pengadaan Barang Jasa