SEROJA (Sragen Robot Menjawab)

Berjalan dengan pengembangan
komunikasi dan informatika, chatbot
Imas Wulandari
SDG's - Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan
Oecd -
RB Tematik - Penyelesaian Kemiskinan Digitalisasi
Penghargaan - INNOVATIVE GOVERNMENT AWARD 2022
Kompetisi -

Kurasi Ringkasan

Upaya Kabupaten Sragen dalam keberlanjutan pengembangan Smart City, dihadapkan dengan berbagai isu-isu strategis yang ada, antara lain: semakin dituntutnya pelayanan publik yang prima, mudah diakses dan cepat, mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan hingga kabupaten; masih terbatasnya sistem layanan informasi di sektor-sektor publik secara terpusat; dan kondisi pandemi Covid-19.  Melihat kondisi tersebut, masyarakat harus mengetahui secara persis instansi mana yang menangani layanan yang dibutuhkannya agar tidak salah dalam mencari informasi. Akan tetapi bagi masyarakat yang tidak mengetahuinya akan bingung dan kesulitan menentukan instansi tempat memperoleh informasi. Ditambah lagi dengan situasi pandemi Covid-19, Pemerintah Daerah beserta masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan selama pandemi.Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di bab III mengenai arah kebijakan dan strategi, salah satu strategi untuk mencapai penyediaan data dan informasi yang terintegrasi dan berkualitas adalah menggunakan teknologi analitik data dan kecerdasan buatan. Pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) merupakan salah satu aktualisasi dari Teknologi Informasi (TI) di era industri 4.0 yang semakin hari semakin menunjukkan peningkatan kehadirannya dan mulai menjadi trend sebagai pendukung program Smart City.Accenture dalam laporan yang berjudul Emerging Technologies in Public Service menunjukkan bahwa teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) memainkan peran penting dalam meningkatkan penyampaian layanan publik dan memenuhi harapan warga yang meningkat. Salah satu contoh dari pemanfaatan kecerdasan buatan adalah aplikasi obrolan berbasis robot (chatbot). Dengan chatbot, pemerintah dapat menyelesaikan permasalahan masyarakat lebih cepat, memberikan layanan publik lebih mudah dan mudah diintegrasikan.SEROJA ( SragEn RObot menJAwab ) adalah chatbot yang dibangun dengan memprioritaskan model satu pintu agar semua lapisan masyarakat dapat dengan mudah memperoleh informasi layanan publik dari berbagai instansi secara terpusat setiap saat, melalui berbagai pilihan platform media sosial selama 24 jam, yaitu WhatsApp, Facebook Messenger, Instagram Direct Messenger, Telegram, SIGNAL danSMS ke nomor085 600 006 911 atau dengan membuka alamat website seroja.sragenkab.go.id
Informasi yang dapat disajikan SEROJA antara lain: info layanan kemiskinan, info layanan publik di kecamatan dan desa, info layanan perizinan, info layanan kependudukan, info lowongan kerja, info wisata, info nomor-nomor telepon penting, info LAPOR, info seputar sragen, info beritasragen, info berinvestasi di sragen, info terkini mengenai covid-19, info bantuan sosial, info politik, info kesehatan, info pendidikan, info pantauan CCTV lalu lintas kota Sragen, info geoportal, info infrastruktur, info pajak, info politik info lowongan kerja, dan info statistik daerah.

Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya

  • Publikasi
  • Provinsi
  • SDG's
  • 09 Sep 2024
  • JAWA TENGAH
  • Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan

0

0

  • Dilihat
  • Minat
  • Kesepakatan
  • Replikasi
  • 75
  • 0
  • 0
  • 1

Wilayah Instansi & Inovasi

Pemerintah Kabupaten Sragen

JAWA TENGAH

Imas

Hak Cipta(C)2022 - 2024 Etalase Pelayanan Publik dari Seluruh Daerah di Indonesia | Privacy Policy