Lounge Pelayanan Publik
Berjalan
pelayanan publik
Ir Mujiono cs
SDG's - Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi
Oecd -
RB Tematik -
Peningkatan Investasi
,
Digitalisasi
,
RB Tematik - Prioritas Presiden
Penghargaan - INNOVATIVE GOVERNMENT AWARD 2022
Kompetisi -
Kurasi Ringkasan
Dasar Hukum
1. Peraturan Bupati Banyuwangi Nomor 4 Tahun 2019 tentang Rincian Tugas, Fungi Dan Tata Kerja Sekretariat Daerah Kabupaten Banyuwangi
2. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2000 tentang Program Pembangunan Nasional (PROPENAS),
Permasalahan
Pasalnya pelayanan untuk tamu yang berkunjung ke kantor Pemda Banyuwangi masih belum maksimal karena belum memiliki tempat khusus yang digunakan untuk menerima tamu. Untuk menunjang kegiatan kunjungan tersebut Pemerintah Kabupaten Banyuwangi membangun Lounge Pelayanan Publik.
Isu Strategis
Memanfaatkan ruang untuk penyebaran informasi terutama pembuatan Lounge Pelayanan Publik dengan memanfaatkan ruang loby Sekretaris Daerah dan ruang Bagian Umum yang posisinya berada satu gedung tepatnya di lantai dasar.
Metode Pembaruan
- Kondisi sebelum adanya inovasi :
Supaya tercipta kerjasama dengan masyarakat dan stakeholder terkait yang lebih berkesinambungan. sebab itu, Banyuwangi banyak menghadirkan kunjungan tamu dari luar kota maupun mancanegara. Pasalnya pelayanan untuk tamu yang berkunjung ke kantor Pemda Banyuwangi masih belum maksimal karena belum memiliki tempat khusus yang digunakan untukmenerima tamu. Untuk menunjang kegiatan kunjungan tersebut Pemerintah Kabupaten Banyuwangi membangun Lounge PelayananPublik.
- Kondisi Setelah adanya inovasi :
Hasil yang diperoleh dari inovasi Lounge Pelayanan Publik antara lain :
1. tersedianya layanan scan barcode Baznas Sedekah Milenial
2. menampilkan agenda pemerintahan yang meliputi agenda kegiatan Bupati, Wakil Bupati, dan Sekretaris Daerah
3. menyediakan survey kepuasan masyarakat/tamu
4. menyediakan layanan pengaduan Lounge Pelayanan Publik
Keunggulan/ Kebaharuan
1. tersedianya layanan scan barcode Baznas Sedekah Milenial
2. menampilkan agenda pemerintahan yang meliputi agenda kegiatan Bupati, Wakil Bupati, dan Sekretaris Daerah
3. menyediakan survey kepuasan masyarakat/tamu
4. menyediakan layanan pengaduan Lounge Pelayanan Publik
Lounge Pelayanan Publik ini dilengkapi dengan 7 (tujuh) layar monitor yang dapat digunakan untuk mempermudah akses data bagi para tamu secara transparan, mulai dari informasi seputar Banyuwangi, Program Pemerintah, Pariwisata hingga tampilan cctv yang menghubungkan antara Pemkab dengan berbagai dinas terkait secara online. Para tamu juga dapat menikamati sajian makanan ringan dan minumankhas Banyuwangi. Selain itu, Lounge Pelayanan Publik juga di desain untuk memperkenalkan Banyuwangi kepada para tamu yang dilengkapi dengan produk-produk UMKM Banyuwangi seperti batik, cindera mata dan kerajinan khas Banyuwangi.
Cara kerja Inovasi
1. Melaporkan kedatangannya kepada petugas
2. Menyerahkan kartu identitas (bila rombongan,salah satu kartu identitas yang diserahkan yaitu milik ketua rombongan)
3. Registrasi tamu
4. petugas mengarahkan ketempat duduk yang telah disediakan, mengarahkan tamu untuk menikmati makanan/minuman ringan secara self service, menawarkan kepada tamu untuk diberikan penjelasan informasi secara umum pada layar monitor
5. Penerimaan tamu
6. Menyerahkan cindera mata (bila rombongan membawa cindera mata)
Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya
- 25 Sep 2024
- JAWA TIMUR
- Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi
- Dilihat
- Minat
- Kesepakatan
- Replikasi
Wilayah Instansi & Inovasi
Pemerintah Kabupaten banyuwangi
JAWA TIMUR
Sekretariat Daerah