Pelayanan Online Berbasis Aplikasi Web
Berjalan
Pertanahan, sistem informasi
Widodo Prayogo Cs
SDG's - Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh
Oecd -
RB Tematik -
Peningkatan Investasi
,
Digitalisasi
,
RB Tematik - Prioritas Presiden
Penghargaan - Top 99/2015
Kompetisi -
Kurasi Ringkasan
Pendaftaran Mandiri Akta Tanah (Permata) merupakan upaya percepatan pelayanan pertanahan berbasis online di Kantor Pertanahan Kota Semarang lewat pemanfaatan teknologi informasi yang diluncurkan pada bulan September 2014. Permata diaplikasikan pada sistem pelayanan pertanahan yang saat itu (April s.d. Mei 2014) masih menggunakan program aplikasi KKP Desktop. Kebijakan Pusdatin dan LPPB selanjutnya, agar KPKS melakukan migrasi data pertanahan dari KKP Desktop menuju KKP WEB (sejak Juni 2014).
Strategi pelaksanaannya terdiri atas perencanaan (software dan hardware, aplikasi, sosialisasi, dan pelatihan), dilanjutkan dengan pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, pengawasan, dan pengendalian. Pemangku kepentingan meliputi Kepala BPN, Walikota Semarang, KPKS, Kakanwil BPN Provinsi Jateng, Kapusdatin dan LPPB, Pengurus IPPAT, dan Bank BRI Cabang Pattimura Semarang.
Keluaran yang paling berhasil adalah:
1. berkurangnya intensitas dan waktu antrian
2. user dapat menginput data di mana pun berada
3. pembayaran melalui ATM BRI
4. pemohon memahami persyaratan pendaftaran, standar pelayanan, dan pengaduan
5. percepatan pelayanan secara keseluruhan
Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya
- 24 May 2024
- JAWA TENGAH
- Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh
- Dilihat
- Minat
- Kesepakatan
- Replikasi
Wilayah Instansi & Inovasi
Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional
JAWA TENGAH
Kantor Pertanahan Kota Semarang