Aplikasi Sistem Informasi Antrian dan Pengaduan Mal Pelayanan Publik Kota Pekanbaru (SIAP MPP)
Berjalan dengan pengembangan
komunikasi dan informatika
DPMPTSP Pekanbaru
SDG's - Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan
Oecd -
RB Tematik -
Digitalisasi
Penghargaan - INNOVATIVE GOVERNMENT AWARD 2022
Kompetisi -
Kurasi Ringkasan
Berdasarkan Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 19 Tahun 2019 tentang Mal Pelayanan Publik kota Pekanbaru, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru merupakan pengendali manajemen yang mengelola operasional Mal Pelayanan Publik Kota Pekanbaru. Dengan hadirnya MPP yang menggabungkan berbagai jenis pelayanan pada satu tempat, penyederhaan prosedur serta integrasi pelayanan akan memudahkan akses masyarakat dalam mendapat berbagai jenis pelayanan, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada penyelenggara pelayanan publik.
Untuk memudahkan masyarakat dalam mengambil nomor antrian dan menyampaikan kritik, saran dan pengaduan pada Mal Pelayanan Publik Kota Pekanbaru, DPMPTSP Pekanbaru telah menyediakan sistem informasi antrian online dan penyampaian kritik, saran dan pengaduan berbasis website yang dapat diakses oleh masyarakat melalui url mpp.pekanbaru.go.id. Namun berdasarkan data google analytics yang diakses pada 6 juni 2021 pukul 10.41 WIB, sebanyak 84.5% pengunjung website mpp.pekanbaru.go.id mengakses layanan menggunakan perangkat mobile. Salah satu penyebab banyaknya masyarakat lebih sering menggunakan perangkat mobile karena laman website yang dirancang untuk diakses melalui komputer atau laptop kurang efektif jika diakses melalui perangkat mobile, Hal ini akan membuat pengguna kesulitan memanfaatkan layanan antrian online dan penyampaian kritik, saran dan pengaduan yang tersedia pada Mal Pelayanan Publik Kota Pekanbaru. Sehingga perlu adanya aplikasi berbasis mobile untuk layanan antrian online dan penyampaian kritik saran dan pengaduan MPP kota Pekanbaru.
Berdasarkan permasalahan di atas, DPMPTSP Pekanbaru telah membuat sistem informasi yang menyediakan fitur pengambilan nomor antrian dan penyampaian kritik, saran dan pengaduan yang dapat diakses melalui perangkat mobile masing-masing pengguna. Dengan adanya aplikasi SIAP MPP, selain memberikan kemudahan dalam melakukan pengambilan nomor antrian dan penyampaikan pengaduan layanan, terdapat juga manfaat lain seperti :
1. Melakukan pemeriksaan sisa antrian yang akan dilayani
2. Menampilkan informasi kontak MPP Kota Pekanbaru
3. Menampilkan informasi jenis layanan dan loket instansi yang ada di MPP
4. Memberikan penilaian terhadap kualitas layanan yang telah diberikan
Dengan adanya aplikasi SIAP MPP ini, masyarakat menjadi lebih mudah mendapatkan layanan karena pengambilan nomor antrian layanan dapat diakses melalui perangkat smartphone pengguna. Diharapkan dengan adanya kemudahan melalui aplikasi SIAP MPP ini dapat meningkatkan jumlah masyarakat yang berkunjung ke MPP Pekanbaru.
Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya
- 03 Oct 2024
- RIAU
- Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan
- Dilihat
- Minat
- Kesepakatan
- Replikasi
Wilayah Instansi & Inovasi
Pemerintah Kota Pekanbaru
RIAU
DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU