PROMOSI PRODUK KULINER & MERCHANDISE (PPKM)
Berhenti
pariwisata
M Yanuarto Bramuda S.Sos cs
SDG's - Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi
Oecd -
RB Tematik -
Peningkatan Investasi
,
Digitalisasi
,
RB Tematik - Prioritas Presiden
Penghargaan - INNOVATIVE GOVERNMENT AWARD 2022
Kompetisi -
Kurasi Ringkasan
DASAR HUKUM
1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
2. Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2019 tentang Ekonomi Kreatif
3. Perda Kabupaten Banyuwangi No 13 tahun 2012 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Banyuwangi
PERMASALAHAN
Hasil survei yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menunjukkan besarnya dampak pandemi pada sektor usaha di kabupaten itu. Survei ini dilakukan untuk mengetahui seberapa kuat Covid-19 mengguncang dunia usaha di Banyuwangi. Dari 250 responden, sebanyak 98 persen mengaku terdampak, sedangkan 1,5 persen mengaku biasa saja dan 0,5 persen mengaku tidak terdampak. Dampak yang paling dirasakan para pelaku usaha adalah terhentinya pemasaran dan penurunan jumlah konsumen. Sebanyak 31,7 persen responden mengaku sulit memasarkan produk usahanya selama masa pembatasan sosial. Selain itu, sebanyak 18,3 persen pelaku usaha juga mengaku mengalami penurunan jumlah konsumen.
ISU STRATEGIS
Pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini mau tidak mau memberikan dampak terhadap berbagai sektor. Pada tataran ekonomi global, pandemi COVID-19 memberikan dampak yang sangat signifikan pada perekonomian domestik negara-bangsa dan keberadaan UMKM. Laporan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) menyebutkan bahwa pandemi ini berimplikasi terhadap ancaman krisis ekonomi besar yang ditandai dengan terhentinya aktivitas produksi di banyak negara, jatuhnya tingkat konsumsi masyarakat, hilangnya kepercayaan konsumen, jatuhnya bursa saham yang pada akhirnya mengarah kepada ketidakpastian. Kondisi ini juga dirasakan oleh seluruh pemerintah daerah di Indonesia, salah satunya Kabupaten Banyuwangi. Pandemi Covid-19 memukul sektor usaha di Banyuwangi, Jawa Timur. Sebanyak 98 persen terdampak. Sebagian besar dari usaha itu belum bisa pulih hingga kini.
METODE PEMBAHARUAN
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi menginisiasi program PPKM (Promosi Produk Kuliner Merchandise). Program ini adalah program yang ditujukan untuk membantu para pelaku ekonomi kreatif dalam bentuk konten promosi mulai dari foto produk hingga publikasi melalui media sosial. Ketika pandemi covid, produk UMKM cenderung tidak laku karena sepi wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi. Dengan adanya program PPKM ini bagi UMKM yang belum mempunyai online shop atau yang belum tergabung dalam e-commerce sangatb terbantu dalam promosi produk mereka secara online.
KEUNGGULAN/KEBARUAN
Melalui bantuan akun-akun media sosial Banyuwangi yang bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, produk-produk UMKM Banyuwangi dipromosikan secara online melalui pembuatan konten dan tampilan foto produk yang menarik. Dengan demikian diharapkan para pelaku ekonomi kreatif Banyuwangi mendapatkan manfaat dalam segi promosi digital sehingga mendapatkan hasil capaian yang maksimal untuk mendorong perputaran ekonomi sektor UMKM.
CARA KERJA INOVASI
PPKM (Promosi Produk Kuliner Merchandise) merupakan program yang ditujukan untuk membantu para pelaku ekonomi kreatif dalam bentuk konten promosi mulai dari foto produk hingga publikasi melalui media sosial. Tahapan pelaksanaan kegiatan PPKM ini yaitu;
1. Pengiriman Sample produk kuliner dan merchandise ke Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten BAnyuwangi pada jam kerja
2. Petugas akan mengambil gambar dan memproses posting ke media social
3. Selain mengirimkan produk, masyarakat juga bisa mengirimkan foto produk dan keterangan lengkap.
4. Seluruh proses dilakukan dengan gratis tanpa biaya.
Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya
- 25 Sep 2024
- JAWA TIMUR
- Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi
- Dilihat
- Minat
- Kesepakatan
- Replikasi
Wilayah Instansi & Inovasi
Pemerintah Kabupaten Banyuwangi
JAWA TIMUR
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata