SI GADIS PINTAR (KREASI GALERI DI SEKOLAH UNTUK PENILAIAN TERPADU DALAM BELAJAR)

Berjalan dengan pengembangan
pendidikan
Nono Purnomo, S.Pd., M.Pd.
SDG's - Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh
Oecd -
RB Tematik - Digitalisasi ,
RB Tematik - Prioritas Presiden
Penghargaan - INNOVATIVE GOVERNMENT AWARD 2022
Kompetisi -

Kurasi Ringkasan

Pelaksanaan PP No. 38 tahun 2017 tentang inovasi daerah, SMP Negeri 5 Mojokerto menemukan beberapa permasalahan yang harus diselesaikan secara cepat. Si Gadis Pintar dikembangkan sebagai solusi untuk mengatasi beberapa permasalahan terkait penilaian dan penyimpanan karya siswa maupun guru di sekolah. Hasil karya siswa yang semakin bertambah dan menumpuk akhirnya memerlukan ruang yang lebih banyak untuk menyimpannya. Ruang yang terbatas ini lah yang menjadi masalah utama, karena penyimpanan karya sangat diperlukan untuk kebutuhan koleksi dan referensi karya di sekolah. 
Setiap akhir semester, tugas individu maupun kelompok siswa terkumpul dalam jumlah yang banyak. Pada kelas 7,8 dan 9 di mata pelajaran Seni Budaya terdapat minimal 1 tugas individu dan 1 tugas kelompok, sehingga per kelas umumnya 40 karya dengan total 720 karya untuk keseluruhan kelas. Jumlah yang belum termasuk untuk mata pelajaran yang lain. Inventarisir karya siswa juga memiliki keterbatasan ruang. Karya siswa yang makin lama akan menurun kualitas atau rusak pada masanya. Begitupun saat karya tersebut disimpan, sedikit yang bisa dilihat dan diakses oleh siswa sebagai sumber belajar, padahal pembelajaran yang dilaksanakan memiliki materi yang sama, tapi masih terbatas sumber referensi yang relevan meski sudah mengakses media internet. 
Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut, dapat disimpulkan perlunya ruang penyimpanan karya secara virtual untuk guru dan siswa, serta ruang galeri dan pameran virtual sebagai akses sumber dan media pembelajaran siswa, sehingga perlu digagas solusi untuk masalah tersebut, karena permasalahan yang dibiarkan berlarut-larut tanpa adanya penyelesaian justru dapat menimbulkan masalah-masalah baru. Oleh karena itu, tujuan pengembangan aplikasi ini untuk menyediakan ruang penyimpanan dan akses pada seluruh hasil karya pembelajaran secara virtual, memfasilitasi sumber belajar berupa referensi gambar dan hasil karya siswa dan guru, memberikan layanan promosi produk siswa dan guru untuk dapat dibeli dalam pameran online dan media penilaian karya siswa secara online dan terpadu.

Kehadiran Si Gadis Pintar berangkat dari munculnya beberapa permasalahan diantaranya sering rusak bahkan hilangnya karya-karya yang sebelum atau pun sudah selesai dipamerkan. Kurang amannya hasil karya siswa ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: terbatasnya tempat untuk penyimpanan, kendala dalam memajang, dan lain-lain. Barang yang selesai dikumpulkan untuk dinilai biasanya dikembalikan ke siswa, atau disimpan ke ruang guru. Adanya tagihan penilaian berupa penilaian portofolio. Selain itu tidak adanya nilai jual dari karya siswa karena kurangnya promosi.
Sebagai contoh siswa yang mampu menghasilkan karya seni rupa tiga dimensi yaitu bunga hias dari limbah plastik yang memiliki bentuk yang unik dan menarik. Namun karena terbatasnya ruang penyimpanan, hasil karya siswa tersebut tidak terawat/rusak. Selain itu siswa tidak bisa menjualnya ke luar karena tidak adanya promosi. Dengan Aplikasi Si Gadis Pintar kondisi itu tidak akan terjadi sebab karya-karya siswa tersebut akan disimpan dan dipamerkan secara virtual serta siswa dapat mengiklankan karya yang sudah dibuatnya. 
Aplikasi Si Gadis Pintar ini dapat diakses oleh siswa, guru, dan staf Tata Usaha SMPN 5 Mojokerto, serta masyarakat luas. Aplikasi ini menampung hasil karya siswa, membantu dan memudahkan berbagai proses pameran, serta promosi yang lebih luas dibanding pameran yang sifatnya temporer. 

Aplikasi Si Gadis Pintar merupakan inovasi dalam pelayanan publik utamanya bagi siswa di SMPN 5 Mojokerto dan masyarakat luas. Sisi inovatif yang dapat diketahui dari Si Gadis Pintar ini adalah kecepatan akses informasi karya siswa secara virtual dan peluang untuk berwirausaha. Inovasi ini terbilang baru mengingat sebelumnya karya siswa dikumpulkan pada suatu ruang yang terbatas dan dipamerkan pada event tertentu. Selain itu tidak semua karya siswa dikumpulkan. Dengan hadirnya Si Gadis Pintar memberikan fasilitas pameran hasil karya siswa yang dapat dilihat oleh masyarakat luas.

Si Gadis Pintar merupakan inovasi adaptasi dari rumah galeri manual yang sudah dimiliki sebelumnya oleh SMPN 5 Mojokerto. Pada rumah galeri manual menyediakan tempat yang terbatas untuk penyimpanan karya siswa. Selain itu karya siswa tidak aman dan cepat rusak, serta tidak dapat dipromosikan. Berangkat dari situ, para guru dan kepala sekolah memikirkan langkah lebih luas lagi dalam penyediaan tempat hasil kaya siswa, terbukalah opsi untuk memberikan fasilitas rumah galeri virtual untuk kumpulan karya siswa dan ditambah dengan peluang untuk berwirausaha. Maka dibentuklah Si Gadis Pintar yang banyak memberikan akses informasi yang lebih mudah dan efisien pada siswa, guru, dan masyarakat. Aplikasi Si Gadis Pintar memiliki potensi menjadi aplikasi yang dapat diadopsi dan digunakan lebih luas lagi di sekolah lain. Aplikasi ini seperti rumah galeri manual yang sudah dimiliki sebelumnya oleh SMPN 5 Mojokerto sebagai tempat penyimpanan hasil karya siswa. Si Gadis Pintar dikembangkan dari rumah galeri manual dengan menyediakan tempat display secara virtual. Aplikasi ini mampu digunakan sebagai media pengumpulan karya siswa serta media promosi. Aplikasi ini mencegah berkumpulnya orang untuk melihat pameran hasil karya siswa disaat adanya persebaran virus corona. Jadi Si Gadis Pintar sangat aktual sebagai solusi layanan cepat dan up to date.

Pelayanan aplikasi Si Gadis Pintar dapat dimanfaatkan dalam kondisi normal, masa pandemi, dan sebagai antisipasi di masa pasca pandemi Covid-19 dengan penggunaan fitur-fitur yang tersedia. Fitur pertama, kumpulan karya yang berisi sumber belajar, media, dan hasil karya guru dan siswa. Pada menu ini, terdapat fitur karya guru yang memuat semua produk dan karya yang dibuat oleh guru, serta fitur karya siswa yang berisi karya-karya buatan siswa. Fitur kedua, galeri yang berisi karya-karya unggulan siswa dan guru. Menu ini merupakan saringan dari fitur kumpulan karya. Semua karya yang ada di menu kumpulan karya disaring dan dipilih karya-karya unggul untuk dimasukkan ke menu galeri. Fitur ketiga, pameran yang memuat hasil karya dan produk buatan guru dan siswa yang bernilai jual. Dari karya-karya unggulan yang sudah disaring sebelumnya kemudian dipilah lagi untuk karya atau produk yang bisa dijual untuk dimasukkan ke menu pameran. Fitur keempat, pusat informasi yang memuat info kontak yang bisa dihubungi terkait penggunaan aplikasi Si Gadis Pintar.

Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya

  • Publikasi
  • Provinsi
  • SDG's
  • 26 Sep 2024
  • JAWA TIMUR
  • Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh

0

0

  • Dilihat
  • Minat
  • Kesepakatan
  • Replikasi
  • 78
  • 0
  • 0
  • 3

Wilayah Instansi & Inovasi

Pemerintah Kota mojokerto

JAWA TIMUR

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Hak Cipta(C)2022 - 2025 Etalase Pelayanan Publik dari Seluruh Daerah di Indonesia | Privacy Policy