Monitoring Penanganan Pengaduan Masyarakat

Berjalan dengan pengembangan
Pengaduan Masyarakat, Komplain, Sistem, Online
Hadi Nugroho, cs (sejak 2016)
SDG's - Kemitraan untuk Mencapai Tujuan
Oecd -
RB Tematik -
Penghargaan - Top 99/2018
Kompetisi -

Kurasi Ringkasan

Salah satu bentuk inovasi penanganan yang mulai digalakkan sejak tahun 2016 adalah melakukan monitoring penanganan pengaduan masyarakat. Kegiatan tersebut diimplementasikan dalam bentuk interaksi langsung dengan pihak pengadu, yang diadukan maupun instansi terkait dalam proses pencarian upaya penyelesaian masalah yang dilaporkan kepada Presiden. Adapun jenis monitoring meliputi gelar pengaduan, koordinasi, klarifikasi, konfirmasi, mediasi, dalam rangka mendorong instansi terkait untuk menyelesaikan setiap pengaduan. Upaya ini ternyata menghasilkan outcome positif yang dapat diketahui dari tren respons instansi atas penanganan pengaduan masyarakat yang semakin tinggi, pada tahun 2016 mencapai 73,04%, kemudian meningkat menjadi 84% pada tahun 2017.

Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya

  • Publikasi
  • Provinsi
  • SDG's
  • 06 Feb 2024
  • DKI JAKARTA
  • Kemitraan untuk Mencapai Tujuan

0

0

  • Dilihat
  • Minat
  • Kesepakatan
  • Replikasi
  • 106
  • 0
  • 0
  • 0

Wilayah Instansi & Inovasi

Kementerian Sekretariat Negara

DKI JAKARTA

Asisten Deputi Pengaduan Masyarakat, Deputi Bidang Hubungan Kelembagaan dan Kemasyarakatan

Hak Cipta(C)2022 - 2024 Etalase Pelayanan Publik dari Seluruh Daerah di Indonesia | Privacy Policy