HOME CARE PERMATA

Berjalan dengan pengembangan
Pelayanan Kesehatan, Pelayanan Puskesmas, Homecare
Dr. Didik Sulistyanto
SDG's - Kehidupan Sehat dan Sejahtera
Oecd -
RB Tematik -
Penghargaan - Top 99/2016
Kompetisi -

Kurasi Ringkasan

Kecamatan Turen Kabupaten Malang merupakan wilayah kerja Puskesmas Turen dengan luas 6.041km2 yang terdiri atas 15 desa dan 2 kelurahan dengan jumlah penduduk lebih dari 110 ribu jiwa, sebagian besar bekerja sebagai petani. Tingkat kunjungan pasien ke Puskesmas Turen setiap tahun cenderung meningkat yaitu 95.378 kunjungan (2012) dan menjadi 96.102 kunjungan (2013). Mayoritas pasien adalah petani tidak mampu. Upaya kesehatan promotif dan preventif yang dilaksanakan Puskesmas belum optimal dan belum efektif dalam meningkatkan kesadaran dan kemauan masyarakat untuk hidup bersih dan sehat. Budaya mendatangi Puskesmas hanya jika sudah dalam kondisi sakit terutama sakit parah. Masyarakat Kecamatan Turen dapat dikategorikan dalam kondisi yang rentan terhadap berbagai penyakit.

Inovasi Home Care Permata diperkenalkan sejak Agustus 2014 yaitu mendatangi rumah pasien paska rawat di Puskesmas untuk memberikan konseling, informasi, dan edukasi pada pasien dan keluarga untuk merawat dan menjaga supaya penyakitnya tidak kambuh lagi. Strategi yang dilakukan adalah Inventarisasi sasaran layanan home care baik rawat jalan maupun rawat inap. Menyusun jadwal kegiatan pelaksanaan. Melaku kan kunjungan ke rumah pasien. Lokakarya tingkat Puskesmas setiap bulan, dan lokakarya lintas sektor setiap tiga bulan sekali.

Sebelum inovasi, masyarakat belum menegakkan pola hidup bersih dan sehat. Sesudah inovasi, tumbuh kesadaran masyarakat untuk berobat ke Puskesmas dan menindaklanjuti perawatan. Setelah ada inovasi masyarakat sakit dan berisiko yang datang ke Puskesmas mendapatkan layanan dan intervensi cepat. Penanganan secara dini terhadap penyakit yang diderita. Masyarakat dapat berinteraksi, berkomunikasi, dan konsultasi langsung dengan tenaga kesehatan. Perawat bekerja sesuai dengan baik dan berorientasi pasien. Terjadi perubahan pola pikir dan paradigma masyarakat dari mengobati penyakit menjadi mencegah, mengendalikan, dan mengatasi masalah melalui pendekatan individu, keluarga dan masyarakat. Kontak langsung petugas kesehatan dengan pasien, keluarga dan masyarakat. Masyarakat mendapatkan layanan kesehatan yang memuaskan dengan didatangi dari rumah ke rumah. Indeks Kepuasan Masyarakat meningkat. Angka kesakitan menurun.

Budaya hidup bersih dan sehat dapat ditanamkan kepada masyarakat dengan upaya penyadaran yang tulus dan penuh kesabaran. Mendatangi rumah pasien merupakan salah satu bentuk penyadaran yang terbaik sehingga mendorong kesuksesan inovasi ini.

Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya

  • Publikasi
  • Provinsi
  • SDG's
  • 22 Oct 2024
  • JAWA TIMUR
  • Kehidupan Sehat dan Sejahtera

0

0

  • Dilihat
  • Minat
  • Kesepakatan
  • Replikasi
  • 89
  • 0
  • 0
  • 38

Wilayah Instansi & Inovasi

Pemerintah Kabupaten Malang

JAWA TIMUR

UPTD Puskesmas Turen Dinas Kesehatan

Hak Cipta(C)2022 - 2024 Etalase Pelayanan Publik dari Seluruh Daerah di Indonesia | Privacy Policy