SIMPATEN Sistem Informasi dan Manajemen Pelayanan Adminisrasi Terpadu Kecamatan

Berjalan
Pelayanan Kecamatan, Kecamatan, Aplikasi Pelayanan Kecamatan
Aidy Hikmatullah, SSTP, M.AP
SDG's - Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh
Oecd -
RB Tematik - Digitalisasi
Penghargaan - Top 99/2016
Kompetisi -

Kurasi Ringkasan

                      Berbagai cara perbaikan diupayakan dalam penyelenggaraan tata pemerintahan menuju tata kelola pemerintahan yang baik, khususnya perubahan pelayanan dari sistem manual ke sistem elektronik. Selama ini pelayanan pemerintah kecamatan terhadap masyarakat kurang memuaskan. Pelayanan masih manual dan lambat, banyak terjadi kesalahan dan kekeliruan pencatatan data, back up data sulit dilakukan, penelusuran arsip lama karena data arsip tercecer atau penempatan yang tidak jelas, pelaporan tidak didukung data akurat, database belum dimiliki, dan para petugas belum memiliki jiwa pelayanan. Akibatnya adalah prosedur berbelit-belit, lambat, tidak transparan, terbatasnya fasilitas pelayanan, kurangnya kepastian hukum,wak tu dan biaya, petugas cenderung santai dan tidak memberikan pelayanan yang baik, praktik pungutan liar, dan tindakan yang berindikasi penyimpangan dan kolusi korupsi dan nepotisme.
Kabupaten Banjar menerapkan inovasi bernama Sistem Informasi dan Manajemen Pe layanan Administrasi Terpadu Kecamatan (SIMPATEN) dengan basis perangkat software aplikasi yang dipergunakan untuk otomatisasi sistem dan prosedur serta pengelolaan pelayanan. Kecamatan Martapura Timur menjadi percontohan keberhasilan pelayanan SIMPATEN. Dengan sistem ini, petugas pelayanan dituntut memahami, mengerti, dan melaksanakan pelayanan berbasis teknologi informasi.

Strategi inovasi pada tahun 2013-2014 dimulai dengan diskusi dan focus group discussion (FGD), persiapan, pengenalan peralatan komputer, pelatihan petugas pelayanan, pengembangan aplikasi pelayanan, penyiapan template pelayanan meliputi pendaftaran, pemrosesan, registrasi, pencetakan, dan pelaporan, sosialisasi, kalkulator biaya pelayanan, sistem pengarsipan, dan penilaian kepuasan masyarakat dapat diselesaikan. Pengembangannya berupa SMS Gateway informasi pelayanan, touchscreen, pelayanan keliling, dan in tegrasi SIMPATEN dengan database kependudukan dan layanan online berbasis web.
Sebelum inovasi diterapkan banyak terjadi keluhan dan pengaduan masyarakat tentang pelayanan yang tidak berkualitas dan sesudah ada SIMPATEN, terjadi perubahan signifikan menjadi pelayanan cepat berbasis teknologi informasi. Pelayanan yang cepat, mudah, berkualitas, dan transparan, meningkatkan kepedulian, kepercayaan, dan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh Kecamatan Martapura Timur. Waktu pelayanan dari 45 menit menjadi 25 menit.

Keluaran meliputi otomatisasi pelayanan, peningkatan profesionalitas petugas pe layanan, otomatisasi pelaporan dan pengukuran kualitas pelayanan, pengarsipan teratur, dan penghitungan cepat biaya retribusi, peningkatan kepuasan masyarakat, dan tersedianya database pelayanan. Manfaat inovasi meliputi pelayanan cepat dan mudah,efisien dan efektif, transparan, terdapat kepastian waktu, biaya, dan penyelesaian pelayanan. Komitmen semua pemangku kepentingan menjadi prasyarat keberhasilan program ini. Perubahan pola pikir, budaya kerja, dan perilaku pelayanan dapat didorong oleh penerapan sistem berbasis teknologi informasi.
                    
        

Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya

  • Publikasi
  • Provinsi
  • SDG's
  • 21 Oct 2024
  • KALIMANTAN SELATAN
  • Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh

0

0

  • Dilihat
  • Minat
  • Kesepakatan
  • Replikasi
  • 116
  • 0
  • 0
  • 0

Wilayah Instansi & Inovasi

Pemerintah Kabupaten banjar

KALIMANTAN SELATAN

UPT Kecamatan Martapura Timur

Hak Cipta(C)2022 - 2025 Etalase Pelayanan Publik dari Seluruh Daerah di Indonesia | Privacy Policy