“PACAR BINAL” (Pangkalan Cari Izin Bagi Nelayan) Implementasi pelayanan perizinan perikanan pada Gerai Investasi UPT PTSP BPMD Provinsi Jawa Tengah Study Kasus di BPPT Kota Tegal

Berjalan dengan pengembangan
Perizinan, Perikanan, Nelayan
DPMPTSP Provinsi Jawa Tengah
SDG's - Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh
Oecd -
RB Tematik - Peningkatan Investasi
Penghargaan - Top 35/2016
Kompetisi -

Kurasi Ringkasan

Kota Tegal berada pada jalur pantai utara Jawa Tengah di antara Kota Cirebon dan Semarang. Penduduk banyak yang bekerja sebagai nelayan, harus mengurus izin perikanan keluar kota, yaitu Semarang di kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Provinsi Jawa Tengah. Ada lima masalah dalam pelayanan perizinan perikanan PTSP yaitu lemahnya koordinasi antar instansi Propinsi dan Kabupaten Kota; jauhnya jarak lokasi nelayan di Kota Tegal dengan institusi pemberi izin di Semarang; prosedur rumit, proses lama, dan biaya yang mahal; merebaknya penggunaan calo yang merupakan bentuk kolusi; dan pemalsuan dokumen perizinan. 
Untuk mengatasi masalah tersebut, diterapkan inovasi pelayanan perizinan perikanan kepada nelayan dengan nama “PACAR BINAL” (PANGKALAN CARI IZIN BAGI NELAYAN) di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kota Tegal, Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Jawa Tengah. Program ini kreatif dan inovatif karena menyederhanakan mekanisme perizinan, mendekatkan unit layanan dengan pemohon, membatasi ruang gerak calo, meningkatkan keamanan dokumen melalui penggunaan barcode, dan meningkatkan integritas pegawai. Strategi inovasi adalah dengan memberi kewenangan kepada BPPT Kota Tegal untuk memberikan pelayanan perizinan. Untuk membangun kapasitas unit ini dilaksanakan workshop dan pelatihan untuk petugas, dan disediakan sarana dan prasarana pelayanan. Untuk memonitor proses, disusun prosedur standar dan alur pelayanan dan transparansi mengenai persyaratan yang harus dipenuhi pemohon. 
Pengurusan perizinan kapal ikan menjadi lebih mudah, murah, dan cepat karena sebelum inovasi diimpelemntasikan pemohon harus ke Semarang, sesudah inovasi cukup dilakukan di Kota Tegal. Jumlah perizinan setelah inovasi meningkat 15% dari sebelumnya 7080 berkas per bulan menjadi 90100 berkas per bulan. Keluaran yang dihasilkan inovasi PACAR BINAL adalah surat izin dilengkapi barcode sebagai upaya mengurangi pemalsuan dokumen. Demikian juga pemohon menikmati efisiensi waktu, biaya, dan tenaga. Kini pelayanan perizinan mengadopsi sistem online, dengan penyajian informasi yang cepat dan transparan. SMS Gateway digunakan untuk mengirimkan pemberitahuan kepada pemohon via telepon genggam. Manfaat inovasi ini dirasakan oleh aparat pelaksana dan instansi terkait, para pemohon perizinan, dan seluruh pemangku kepentingan, berupa kenyamanan dan kemudahan dalam memperoleh informasi pengoperasian dan pengawasan kapal. 
Pembelajaran yang dapat diambil dalam pelaksanaan gerai pelayanan perizinan perikanan di BPPT Kota Tegal adalah peningkatan kualitas tenaga pelaksana PACAR BINAL berupa pengetahuan tentang teknologi informasi dan peri kanan tangkap. Terjadi peningkatan efisiensi biaya, waktu, dan tenaga. Informasi dan pengumuman kegiatan perikanan tersedia untuk konsumsi publik.

Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya

  • Publikasi
  • Provinsi
  • SDG's
  • 22 Oct 2024
  • JAWA TENGAH
  • Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh

0

0

  • Dilihat
  • Minat
  • Kesepakatan
  • Replikasi
  • 224
  • 0
  • 0
  • 0

Wilayah Instansi & Inovasi

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

JAWA TENGAH

UPT PTSP Badan Penanaman Modal Daerah

Hak Cipta(C)2022 - 2024 Etalase Pelayanan Publik dari Seluruh Daerah di Indonesia | Privacy Policy