APAM Barabai (Aplikasi Pasien dan Aduan Masyarakat Barabai)
Berjalan
digital, aplikasi, web, kesehatan, pelayanan kesehatan
drg. Faisol Basoro Cs
SDG's - Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh
Oecd -
RB Tematik -
Digitalisasi
Penghargaan - TOP 45/2021
Kompetisi -
Kurasi Ringkasan
Dalam Upaya meningkatan kualitas pelayanan dan kemudahan bagi pasien untuk mendaftar di rumah sakit, RSUD H. Damanhuri Barabai mulai berinovasi dengan mengembangakan Aplikasi APAM Barabai (Aplikasi Pasien dan Aduan Masyarakat Barabai) Aplikasi ini berbasis android dan diperuntukan bagi pasien yang ingin mendaftar online di Rumah Sakit Umum Daerah H. Damanhuri Barabai. Selain itu, terdapat fitur aduan jika ada keluhan dan ketidakpuasan terhadap layanan di RSHD Barabai.
Aplikasi ini hadir pertama di Provinsi Kalimantan Selatan dan diluncurkan tanggal 8 Desember 2017 sebagai aplikasi pendaftaran pasien online. Karena manfaat dan kemudahannya, aplikasi ini banyak diadopsi oleh rumah sakit lain. Aplikasi APAM Barabai ini bersifat kode sumber terbuka artinya bebas dipakai dan bisa juga dikembangkan oleh rumah sakit lain yang ingin mengadopsinya.
Aplikasi APAM Barabai ini menyediakan beberapa fitur di dalamnya yakni pendaftaran pasien online, informasi ketersediaan kamar inap, jadwal dokter, pengaduan, bukti booking, riwayat pemeriksaan, riwayat resep obat, riwayat diagnosa dan barcode rujukan online dari BPJS Kesehatan ke RSUD H. Damanhuri. Dengan adanya aplikasi ini, pasien yang telah terdaftar di sistem bisa mendaftar secara online untuk berobat di Poliklinik Rawat Jalan RSUD H. Damanhuri Barabai. Pasien juga bisa mengetahui informasi Poliklinik apa saja yang buka, mengetahui dokter siapa saja yang terjadwal, melihat riwayat perawatannya baik itu diagnosa maupun obat yang diberikan, hingga menggunakan fitur aduan.
Melalui fitur pengaduan dalam aplikasi, masyarakat secara langsung terlibat dalam pelayanan di RSUD H. Damanhuri Barabai karena dapat memberikan aduan, saran, dan penyampaian aspirasi terkait permasalahan sebagai bentuk kebebasan berpendapat. Bentuk pengaduan dan pelaporan tersebut merupakan pengendalian dan bentuk partisipasi masyarakat yang dapat dilakukan langsung oleh masyarakat kepada pemerintah yang merupakan lembaga penyedia pelayanan publik. Dengan demikian diharapkan pemerintah dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.
Aplikasi ini sangat cocok dikembangkan di era digital karena aplikasi dapat diunduh langsung di Google Playstore. Pasien yang telah memiliki nomor rekam medik dan telah mengunduh aplikasi APAM pada ponselnya dapat langsung mendaftar online. Selanjutnya, pasien bisa langsung ke poliklinik tujuan tanpa harus mengantre di loket pendaftaran. Aplikasi APAM Barabai ini sangat cocok diterapkan saat pandemi Covid-19 untuk mengurai antrean.
Dalam rangka mendukung keberlanjutan penggunaan aplikasi ini, nantinya akan dilakukan update aplikasi secara berkala sesuai dengan kebutuhan pelayanan Rumah Sakit berupa Telemedicine, E-Payment dan monitoring layanan apotek. Sosialisasi dan publikasi mengenai Aplikasi APAM kepada masyarakat juga dilakukan melalui media sosial Rumah Sakit, radio serta media online lainnya dan melalui pemasangan spanduk di seluruh Puskesmas di Hulu Sungai Tengah.
Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya
- 09 Oct 2024
- KALIMANTAN SELATAN
- Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh
- Dilihat
- Minat
- Kesepakatan
- Replikasi
Wilayah Instansi & Inovasi
Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah
KALIMANTAN SELATAN
RSUD H. Damanhuri Barabai