Tombol “BISA” (Brilliant, Innovative, Speed, Accountable)
Berhenti/Vakum
quick response, laporan masyarakat, perangkat mobile
AKBP RUSTAM MANSYUR, S.I.K., CS.
SDG's - Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh
Oecd -
RB Tematik -
Digitalisasi
Penghargaan - Top 99/2017
Kompetisi -
Kurasi Ringkasan
Program inovasi aplikasi Tombol Bisa Polres Sukabumi Kota menyediakan 5 (lima) jenis
pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan yakni:
a. Penerimaan laporan masyarakat.
Inovasi kreatif yang dilaksanakan oleh Polres Sukabumi Kota melalui fasilitas Tombol
Bisa bertujuan untuk menerima laporan dari masyarakat mengenai gangguan
Kamtibmas melalui laporan berbasis IT (Information Technology), untuk
memudahkan masyarakat dalam menyampaikan laporan awal apabila terjadi
gangguan kamtibmas kemudian ditindak lanjuti oleh operator Tombol Bisa dan
menghubungi petugas piket fungsi yang berada di Polres maupun Polsek jajaran.
b. Penerimaan kritik dan saran
Pelayanan publik berbasis IT yang dilaksanakan oleh Polres Sukabumi Kota
senantiasa membuka diri dalam menerima kritik dan saran dari masyarakat selaku
Stakeholder yang dilakukan melalui berbagai media, termasuk kritik dan saran pada
aplikasi Tombol Bisa bertujuan untuk kemajuan dan peningkatan kualitas pelayanan
publik di Polres Sukabumi Kota. Pada umumnya kritik dan saran yang disampaikan
harus bersifat membangun untuk berbenah diri dalam memberikan pelayanan publik
yang maksimal kepada masyarakat, sehingga pelayanan tersebut benar-benar
dirasakan langsung oleh masyarakat tanpa melalui proses yang berbelit-belit.
c. Pelayanan masyarakat
Polres Sukabumi Kota telah memberikan Pelayanan prima kepada masyarakat
dibuktikan dengan perbaikan beberapa fasilitas pelayanan publik yang ada di Polres
dan Polsek jajaran, perbaikan fasilitas tersebut dengan penataan ruang dan sarana
prasarana pelayanan yang representatif sehingga masyarakat merasa nyaman.
Perangkat Tombol Bisa merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat yang
berbasis IT, dimana masyarakat dalam melaporkan informasi gangguan kamtibmas
atau kejadian tindak pidana tidak harus datang ke Polres atau Polsek akan tetapi
dengan menggunakan perangkat Tombol Bisa masyarakat tinggal menunggu
kedatangan atau kehadiran anggota Polri, sehingga penanganan gangguan
kamtibmas bisa ditangani lebih cepat oleh peronil Pores atau Polsek jajaran.
d. Media Informasi Publik
System information technology di masyarakat berkembang begitu pesat sehingga
menuntut kepolisian untuk mengikuti perkembangan teknologi dengan membuat
perangkat Tombol Bisa yang dengan mudah dapat di akses oleh masyarakat.
e. TOMBOL BISA
Aplikasi Tombol Bisa merupakan icon inovasi pelayanan publik yang ada di Polres
Sukabumi Kota, terbukti dengan animo dari masyarakat yang begitu besar
menginginkan perangkat Tombol Bisa, saat ini Tombol Bisa sudah digunakan oleh
48 pengguna yang berada di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota baik dari
perusahaan, perbankan, instansi pemerintah/swasta maupun masyarakat.
Perangkat ini telah dimanfaatkan oleh masyarakat dengan adanya kejadian
gangguan kamtibmas tawuran sekelompok pemuda pada tanggal 18 Februari 2016
pukul 23.35 wib di PT Selamet Lestari Toyota (pengguna perangkat Tombol Bisa)
Jln. KH. Ahmad Sanusi No 11 Kecamatan Warudoyong, kejadian tersebut langsung
di respon oleh kepolisian untuk meredam aksi tawuran agar tidak menjadi konflik
yang berkepanjangan.
Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya
- 03 Sep 2024
- JAWA BARAT
- Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh
- Dilihat
- Minat
- Kesepakatan
- Replikasi
Wilayah Instansi & Inovasi
Kepolisian Negara Republik Indonesia
JAWA BARAT
Polres Sukabumi Kota