Media Center Kreatif (Layanan Informasi dan Pengaduan Berbasis Kasih Sayang)

Berhenti
Penyediaan Informasi Publik
Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik
SDG's - Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh
Oecd -
RB Tematik -
Penghargaan - Top 99/2016
Kompetisi -

Kurasi Ringkasan

                      Salah satu tugas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMPANRB) adalah membuat acuan reformasi birokrasi dan pelayanan publik dan melayani semua Kementerian, Lembaga, Pemerin tahan Daerah dan masyarakat. Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola layanan terbatas, sarana dan prasarana layanan tidak memadai, respon layanan informasi dan pengaduan lama dan berbelitbelit, data belum terintegrasi dan terdokumentasi dengan baik. Untuk meningkatkan pelayanan publik, telah dibangun Media Center KREATIF yang merupakan kolaborasi pendekatan teknologi dengan sentuhan kasih sayang, singkatan dari Ko munikatif, Responsif, Edukatif, Proaktif, Integratif dan Arif. Diharapkan inovasi ini menjadi Pusat Sumber Daya Reformasi Birokrasi Nasional, dan selanjutnya sebagai “corong diseminasi informasi reformasi birokrasi.” 
Strategi inovasi adalah penggunaan teknologi digital dan konvensional dengan tahapan penyusunan rencana, grand design, standar operasional (SOP), pembuatan berbagai aplikasi, animasi, penyempurnaan portal, pening katan kapasitas pengelola, operasionalisasi, serta monitoring dan evaluasi. Layanan dua arah cepat, jemput bola, terintegrasi dengan berbagai sarana media komunikasi lainnya seperti LAPOR, portal ppid.menpan.go.id, portal induk menpan.go.id, dan email halomenpan@menpan.go.id. Juga terkoneksi dengan Sistem Informasi Pendayagunaan Aparatur Negara (SIPAN), Sistem Informasi Ruang Rapat (SIRARA), Sistem Informasi Survei Kepuasan Masyarakat (SISUKMA), Sistem Informasi Agenda Kegiatan (SIGETA), dan Simulasi Computer Assisted Test (CAT) Online. 
Sebelum inovasi, permohonan informasi dan pengaduan lambat direspon karena menggunakan sistem manual. Setelah inovasi, layanan berbasis teknologi, respon cepat, dan petugas ramah penuh kasih sayang. Keluaran dari inovasi adalah sebagai berikut; Pertama, SOP layanan informasi dan pengaduan berbasis teknologi dan kasih sayang. Kedua, microsite mediacenter Kemen PANRB (email, portal PPID dan portal induk) serta terbangunnya ap likasi SIPAN, SIRARA, SISUKMA dan SIGETA. Ketiga, aplikasi simulasi Computer Assisted Test (CAT) Online yang ditandem di website Kemen PANRB, BKN dan media partner (Sindonews.com, Liputan6.com dan Jpnn.com). Keempat, Bahan kampanye reformasi birokrasi yang kreatif dan inovatif (album “reformasi birokrasi”), visualisasi animatif (video company profile Kemen PANRB) dan road map reformasi birokrasi, buku saku ASN, serta video informasi sembilan program percepatan reformasi birokrasi. Kelima, petugas layanan ramah (afektif), cerdas (kognitif) dan cekatan (motorik) dalam memberikan layanan informasi dan pengaduan. Berbagai prestasi dan penghargaan telah yang diraih seperti “10 Besar Kementerian dengan pengelolaan informasi publik terbaik,” Anugerah dari MURI, dan portal menpan.go.id paling populer untuk kategori portal instansi pemerintah. 
Dengan adanya inovasi ini aparatur negara dan masyarakat tenang, nyaman, puas, lebih mudah dan cepat mengakses informasi dan menyampaikan pengaduan. Terinte grasi dan terdokumentasinya pengelolaan layanan informasi dan pengaduan. Perubahan paradigma layanan publik, dari manual ke digital, dan dari formal, statis, dan normatif, menjadi layanan kolaboratif menjadi kunci keberhasilan inovasi ini. Kolaborasi digitalisasi dan humanisasi, kombinasi rasionalitas dan spiritu alitas, dan memperhitungkan tingkat kebahagiaan pihak penerima pelayanan menjadi faktor utama peningkatan kualitas layanan publik.
                    
        

Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya

  • Publikasi
  • Provinsi
  • SDG's
  • 26 Aug 2024
  • Nasional (Kementerian)
  • Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh

0

0

  • Dilihat
  • Minat
  • Kesepakatan
  • Replikasi
  • 219
  • 0
  • 1
  • 1

Wilayah Instansi & Inovasi

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

Nasional (Kementerian)

Biro Hukum dan KIP

Hak Cipta(C)2022 - 2025 Etalase Pelayanan Publik dari Seluruh Daerah di Indonesia | Privacy Policy