Weekend Service dan One Day Service
Perizinan
Super Admin
SDG's - Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh
Oecd -
RB Tematik -
Penghargaan - Top 99/2016
Kompetisi -
Kurasi Ringkasan
Salah satu pelayanan kepada masyarakat yang mendapat perhatian serius dari pemerintah adalah pelayanan perizinan. Tuntutan masyarakat terus meningkat dari waktu ke waktu untuk mendapatkan pelayanan yang berkualitas, prosedur jelas, waktu ringkas, dan biaya pantas. Kualitas pelayanan perizinan yang bagus dari pemerintah akan menumbuhkan kepercayaan masyarakat dan meningkatkan investasi. Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Kabupaten Tangerang merupakan unit pemerintah yang menangani perizinan yang bekerja dalam bentuk Badan Pelayanan Perizinan Terpadu. Masalah perizinan meliputi ketidakpastian sistem pelayanan dalam hal persyaratan, prosedur, biaya, dan waktu penyelesaian. Akibatnya kepercayaan masyarakat dan dunia usaha terhadap pemerintah rendah.
BPMPTSP melakukan terobosan-terobosan yaitu pelayanan cepat berba sis teknologi informasi (SIPINTER berbasis Web), Weekend Service (layanan perizinan di akhir pekan) dan One Day Service (layanan perizinan satu hari selesai). Inovasi ini meliputi penyiapan naskah izin, verifikasi dokumen dan naskah perizinan, hingga penerbitan naskah izin dan disampaikan langsung kepada pemohon izin yang bersangkutan. Identifikasi masalah dalam pelayanan perizinan dilakukan sebelum pembangunan sistem. Diselenggarakan pelatihan tenaga pengelola. Koordinasi dan pembahasan program layanan perizinan. Pelaksanaan uji coba pelayanan sebelum pelaksanaan pelayanan yang sebenarnya. Aplikasi sistem sebagai perangkat lunak dan peralatan yang diperlukan disediakan.
Sebelum inovasi, pemohon izin mengalami banyak kesulitan dalam mengurus dokumen perizinan. Sesudah inovasi, layanan cepat dan mudah dan tenaga pelayanan makin profesional. Setelah ada inovasi, pengurusan izin dapat dilakukan di hari libur, penyelesaian dokumen perizinan berlangsung cepat, dan pemahaman teknologi informasi meningkat dengan pengoperasian SIPINTER berbasis Web. Kepastian pelayanan dalam hal persyaratan, biaya, dan waktu penyelesaian. Perubahan pelayanan menjadi makin berkualitas dari manual ke pemanfaatan teknologi informasi. Meningkatkan kepuasan pelanggan. Kepercayaan masyarakat dan dunia usaha meningkat, dan inovasi layanan ini makin dikenal.
Komitmen, konsistensi, dan ke sungguhan BPMPTSP dalam membangun pelayanan yang berkualitas menjadi kunci utama kesuksesan inovasi ini. Layanan yang fokus kepada kebutuhan konsumen dalam hal ini dilaksanakan pada hari libur dan selesai dalam waktu satu hari telah secara signifikan meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan.
Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya
- 24 Oct 2023
- Banten
- Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh
- Dilihat
- Minat
- Kesepakatan
- Replikasi
Wilayah Instansi & Inovasi
Pemerintah Kabupaten tangerang
Banten
Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP)