Gerak Cepat,Cermat Dan Tepat Pelayanan Rawat Jalan 10 Menit Di Upt Puskesmas Sampang Kabupaten Cilacap

Berjalan dengan pengembangan
Pelayanan Kesehatan, Pelayanan Puskesmas
Puskesmas Sampang
SDG's - Kehidupan Sehat dan Sejahtera
Oecd -
RB Tematik - Digitalisasi
Penghargaan - Top 99/2016
Kompetisi -

Kurasi Ringkasan

Puskesmas Sampang adalah salah satu dari 38 Puskesmas di Kabupaten Cilacap yang letaknya berbatasan dengan Kabupaten Banyumas, sehingga melayani pasien dari kedua kabupaten tersebut. Pelayanan di Puskesmas Sampang berjalan lambat karena petugas kurang berkualitas, standar operasional (SOP) belum ada, sarana dan prasarana gedung belum memadai. Akibatnya kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat rendah.
Puskesmas Sampang menerap kan inovasi Gerak Cepat,Cermat dan Tepat Pelayanan Rawat Jalan 10 menit. Inisiatif ini kreatif karena data pasien disimpan dalam komputer (SIMPUS), ada perubahan pola pikir dan budya kerja petugas, dan manajemen perubahan. Puskesmas yang lokasinya di wilayah bisnis dekat pasar, memberikan kemudahan masyarakat datang ke Puskesmas dan cepat waktu layanannya: pendaftaran sampai dengan pemberian obat ditargetkan 10 menit saja. Strategi inovasi meliputi survey kepuasan pelanggan, pembangunan fasilitas teknologi informasi SIMPUS, pelatihan tenaga pelaksana, menerapkan SOP, memangkas prosedur yang bertele-tele, melaksanakan lokakarya serta pemantauan dan evaluasida tahun 2013.
Sebelum inisiatif, pasien antri lama di pendaftaran, ruang periksa, dan pelayanan obat. Angka ini belum ditambah pelayanan lainnya. Jumlah dokter dan tenaga kesehatan tidak sebanding dengan jumlah pasien. Keterbatasan ruang gedung, mengakibatkan pelayanan juga dilakukan di luar gedung. Sarana dan prasarana teknologi informasi belum ada dan kualitas SDM petugas belum memadai. Sesudah inovasi: Kunjungan rawat jalan 41.501 orang (2013), 40.262 orang (2014), dan 40.978 orang (2015), ratarata 140150 orang per hari. Indeks kepuasan masyarakat terhadap layanan Puskesmas Sampang mendapat skor memuaskan. Setelah adanya inovasi, terjadi peningkatan jumlah kunjungan rawat jalan sebesar 50%, penurunan angka kematian ibu dan bayi, dan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Cilacap dalam aspek pelayanan prima. Masyarakat tidak ragu berobat ke Puskesmas. Terjadi peningkatan efisiensi waktu, pelayanan cepat, peningkatan jumlah kunjungan, prestasi dan penghargaan, dan pelayanan prima.
Komitmen semua pemangku kepentingan sangat penting dalam mendukung inovasi ini melalui kerjasama dan sinergi. Beberapa pendekatan yang mendukung adalah akurasi layanan, transparansi dan akuntabilitas, paartisipatif, peruba han pola pikir dan budaya kerja, peraturan dan SOP yang jelas, komunikasi yang baik dan terus menerus, perubahan sikap dan perilaku kerja, mengejar dan mempertahankan prestasi, penghargaan dan sanksi, dan menerapkan motto “berpacu dengan waktu, ketika yang lain tertidur kita sudah bangun, ketika yang lain terbangun kita sudah berlari, ketika yang lain berlari kita sudah sukses.”

Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya

  • Publikasi
  • Provinsi
  • SDG's
  • 04 Jul 2024
  • JAWA TENGAH
  • Kehidupan Sehat dan Sejahtera

0

0

  • Dilihat
  • Minat
  • Kesepakatan
  • Replikasi
  • 93
  • 0
  • 0
  • 0

Wilayah Instansi & Inovasi

Pemerintah Kabupaten Cilacap

JAWA TENGAH

UPT Puskesmas Sampang Dinas Kesehatan

Hak Cipta(C)2022 - 2024 Etalase Pelayanan Publik dari Seluruh Daerah di Indonesia | Privacy Policy