Pelayanan Geriatri Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Hidup Pasien Lanjut Usia Di Rumah Sakit Umum Daerah Cibinong
Berjalan
Pelayanan Kesehatan, Geriatri, Pelayanan Lansia
dr. Fusia Meidiawaty, SH,MHKes
SDG's - Kehidupan Sehat dan Sejahtera
Oecd -
RB Tematik -
Peningkatan Investasi
Penghargaan - Top 99/2016
Kompetisi -
Kurasi Ringkasan
<p>Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong berlokasi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Salah satu penerima pelayanan yang diberikan adalah pasien lanjut usia (lansia). Lansia mengalami penurunan jumlah sel dan jaringan serta fungsi fisiologik, ketahanan terhadap stress fisik atau psikologik, sehingga mereka mudah terjangkit penyakit. Geriatri adalah disiplin ilmu kedokteran yang memberikan pelayanan kesehatan kepada lansia dengan menitik beratkan pada promosi, pencegahan, diagnosis, pengobatan dan rehabilitasi bagi pasien geriatri. Pasien geriatri memiliki kendala organ multi penyakit, penurunan fungsi organ, gangguan psikologis, dan sosial ekonomi. Permasalahan meliputi mandi, mengenakan baju, menggunakan toilet, keterbatasan gerak, masalah BAB dan BAK, makan, dan menjaga kerapihan. RSUD Cibinong menerapkan inovasi pelayanan paripurna geriatri terpadu bagi pasien geriatri, terpisah dengan layanan pada lansia. Pelayanan lansia dilakukan melalui pendekatan multidisiplin yang bekerja secara interdisiplin. Pada prinsipnya pasien lansia ditangani dokter spesialis dan pasien geriatri dinilai oleh Tim Terpadu Geriatri sehingga tindak lanjut pelayanan juga berbeda dengan pendekatan kuratif, rehabilitatif, promotif dan preventif. Penyaringan awal untuk membedakan lansia atau geriatri, menentukan apakah tergolong ke dalam pasien geriatri. Pasien lanjut usia biasa diteruskan ke dokter spesialis dan pasien geriatri dinilai secara komprehensif oleh Tim Terpadu Geriatri. Dilakukan edukasi gizi, penga turan pola makan, olah raga ringan, dan konsultasi antar dokter spesialis. RSUD Cibinong memberikan pelayanan lansia dan geriatri sederhana serta rawat jalan lansia sekali dalam seminggu. Pada tahun 2014 2015, pelayanan terpadu multidisiplin Geriatri dilaksanakan melalui konsul antar Poliklinik dengan Dokter Penanggung Jawab Pasien adalah Dokter Spesialis Penyakit Dalam. Sebelum inovasi, lansia merasa kurang diperhatikan dan tidak menerima perlakuan khusus. Setelah inovasi, lansia sangat diperhatikan, adanya berbagai pelayanan khusus, sarana prasarana yang lebih baik, dan waktu pelayanan lebih cepat. Setelah ada inovasi, jumlah rata-rata kunjungan pasien sebesar 70 lansia dan 1020 geriatri. Waktu tunggu pasien lansia/geriatri sampai mendapat obat ratarata 12 jam, sebelumnya 34 jam. Jumlah lansia yang merngikuti senam ratarata 25 orang. Terdapat pa sien lansia yang memanfaatkan klinik edukasi gizi. Pasien lansia dan geriatri tidak antri lama di loket pendaftaran, lebih nyaman dalam menunggu antrian pemeriksaan dokter, mendapatkan prioritas di unit pemeriksaan penunjang, dan mendapatkan obat lebih cepat di loket khusus. Pelayanan pada lansia dan geriatri memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk menikmati pelayanan komprehensif, kemudahan dan kenyamanan, dan hak hidup sehat dan berkualitas. Inovasi ini memberikan kepuasan bukan saja pasien namun juga masyarakat dan kemanusiaan.</p>
Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya
- 17 Dec 2024
- JAWA BARAT
- Kehidupan Sehat dan Sejahtera
- Dilihat
- Minat
- Kesepakatan
- Replikasi
Wilayah Instansi & Inovasi
Pemerintah Kabupaten Bogor
JAWA BARAT
RSUD Cibinong