1 / 3
Caption Text
2 / 3
Caption Text
3 / 3
Caption Text

Gapura Surya Nusantara: Pionir Modernisasi Terminal Penumpang Kapal Laut Nasional

Berjalan
Pelabuhan, Pengelolaan pelabuhan, Layanan Pelabuhan
Joko Noerhudha, Cabang Tanjung Perak Cs
SDG's - Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh
Penghargaan - Top 35/2016

Kurasi Ringkasan


PT Pelindo III merupakan pengelola Tanjung Perak termasuk Gapura Surya Nusantara (GSN) sebagai terminal penumpang modern kapal laut. Pelabuhan Tanjung Perak kumuh dan semrawut dengan masalah utama meliputi sarana prasarana penanganan bagasi, embarkasi dan debarkasi, ruang tunggu, integrasi regulasi baggage allowance dan sistem validasi tiket, kepastian jadwal keberangkatan dan kedatangan, perilaku penumpang, dan budaya antri. Modernisasi GSN ditujukan untuk meningkatkan pelayanan dengan mengubah citra pelayanan penumpang kapal laut agar setara dengan pelayanan penumpang di bandara. Modernisasi GSN menggunakan strategi sayembara desain pada bulan Juli 2011. Menerapkan tiga konsep yaitu Environmental concept, Connectivity concept, dan Form concept. Peresmian terminal baru dilaksanakan pada 2 Oktober 2014. Sebelum inovasi, tampilan pelabuhan kumuh dan semrawut, informasi tidak jelas, ruang check-in dan ruang tunggu kotor, banyak percaloan, dan pelayanan tidak teratur. Setelah inovasi, sarana prasarana bersih, sehat, aman, dan nyaman, tersedia pelayanan bagi lansia, kaum difabel, dan ibu menyusui, dan poliklinik dengan tenaga dokter dan perawat. Terjadi pergerakan orang dan barang yang cepat, terbentuk citra dan reputasi positif, kualitas pelabuhan berkelas dunia sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan, mendukung kepariwisataan dan kedatangan kapal pesiar internasional. Perubahan fisik terminal penumpang, sarana prasarana makin lengkap, aman dan nyaman, peningkatan indeks kepuasan pelanggan, pemberlakuan sistem validasi berbasis teknologi informasi, pertumbuhan loyalitas operator kapal pesiar internasional, dan pelaksanaan sistem pengamanan terpadu. Transformasi layanan, komitmen pelabuhan bersih dan sehat, hemat energi dan pelestarian lingkungan, keadilan dan kemudahan akses pelayanan dan kemitraan pengelola pelabuhan dengan pemangku kepentingan. Pemenuhan standar pelayanan penumpang kapal laut dengan standar internasional dan menggunaka benchmark bandara internasional merupakan kunci kesuksesan inovasi ini.

Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya

  • Publikasi
  • Provinsi
  • SDG's
  • 28 Mar 2024
  • JAWA TIMUR
  • Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh

0

0

  • Dilihat
  • Minat
  • Kesepakatan
  • Replikasi
  • 20
  • 0
  • 0
  • 3

Wilayah Instansi & Inovasi

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)

JAWA TIMUR

Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Jumlah Penghargaan IGA 16

Hak Cipta(C)2022 - 2024 Etalase Pelayanan Publik dari Seluruh Daerah di Indonesia | Privacy Policy