Transformasi Pelabuhan Pontianak Melalui Pembenahan Terminal Petikemas

Berhenti/Vakum
Pelabuhan, Pengelolaan pelabuhan, Layanan Pelabuhan
PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)
SDG's - Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh
Oecd -
RB Tematik -
Penghargaan - Top 35/2016
Kompetisi -

Kurasi Ringkasan

                      PT Pelabuhan Indonesia II (PI2) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengelola Pelabuhan Pontianak. Pelabuhan Pontianak memiliki masalah yaitu terbatasnya lahan, peralatan memprihatinkan, waktu tunggu kapal 720 hari sebelum menurunkan muatan, alat bongkar muat tidak memadai, dan biaya angkut tinggi. 
Manajemen PI2 menerapkan inovasi intensifikasi Terminal Peti Kemas meliputi penggunaan lahan pelabuhan, kegiatan container yard (CY), aktivitas bongkar muat peti kemas, dan waktu pelayanan diperbaiki. Diyakini bahwa perluasan lahan pelabuhan bukan keharusan karena daya tampung CY masih memadai. 
Dilakukan pengumpulan data, observasi lapangan, identifikasi permasalahan, validasi dan konfirmasi, perumusan konsep dan strategi pembenahan. Manajemen berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan pelabuhan yang cepat, nyaman, efektif, dan efisien. Metode kerja dan kemudahan pengurusan delivery diperbaiki. 
Sebelum inovasi, pelayanan semrawut dan kurang memuaskan. Sesudah inovasi, perbaikan layanan diwujudkan walaupun perbaikan belum signifikan, karena masih pada tahap awal transformasi pelabuhan peti kemas. 
Layout CY lebih efisien. Tarif, per syaratan, dan waktu pelayanan kapal lebih pasti. Biaya operasional, biaya angkut, dan bongkar muat menurun. Pemanfaatan kapal dan volume perdagangan meningkat. Masyarakat Pontianak dan Kalimantan Barat lebih mudah menggunakan fasilitas pelabuhan. 
Perubahan pola pikir dan budaya kerja. Kualitas pelayanan dan keuntungan perusahaan meningkat. Cost of logistic dan harga pokok barang menurun. Pelabuhan peti kemas yang aman dan nyaman dapat diwujudkan. 
Komitmen manajemen, kesungguhan kerja pegawai, dan sinergi antar pemangku kepentingan menjadi faktor-faktor utama yang meningkatkan kepuasan pelanggan dan kesuksesan inovasi.
                    
        

Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya

  • Publikasi
  • Provinsi
  • SDG's
  • 28 Oct 2024
  • KALIMANTAN BARAT
  • Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh

0

0

  • Dilihat
  • Minat
  • Kesepakatan
  • Replikasi
  • 1190
  • 0
  • 0
  • 3

Wilayah Instansi & Inovasi

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)

KALIMANTAN BARAT

Terminal Petikemas Pelabuhan Pontianak

Hak Cipta(C)2022 - 2025 Etalase Pelayanan Publik dari Seluruh Daerah di Indonesia | Privacy Policy