Panic Button On Hand Polres Malang Kota - JOGO Malang Presisi

Berjalan dengan pengembangan
Pelayanan Kepolisian, Keamanan Publik, Kelembagaan yang Tangguh, Keadilan, Perdamaian
AKBP DECKY HENDARSONO, S.I.K., M.H. CS., KOMBESPOL LEONARDUS SIMARMATA, S.Sos, S.I.K., M.H. CS., KOMBESPOL BUDI HERMANTO, S.I.K., M.Si.
SDG's - Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh
Oecd -
RB Tematik - Digitalisasi
Penghargaan - Top 35/2016, TOP 15 KHUSUS/2021
Kompetisi -

Kurasi Ringkasan

Sarana dan prasarana Kepolisian Resort Kota Malang masih terbatas dibandingkan dengan banyaknya permasalahan yang dihadapi. Masyarakat enggan datang ke kantor polisi, mengakibatkan banyak kasus keamanan dan ketertiban masyarakat tidak tertangani dengan baik. Ratio Polisi Malang Kota dan Masyarakat adalah 1:916 sehingga pelayanan polisi belum memuaskan. Masalah ini menuntut pemecahan bersama oleh jajaran kepolisian, pemerintah daerah, pemangku kepentingan, dan masyarakat. Pada bulan Oktober 2015, Polres Kota Malang mengaplikasikan Panic Button on Hand sebagai sarana panggilan masyarakat yang membutuhkan bantuan polisi. Masyarakat dapat mengunduh gratis aplikasi tersebut pada telepon Android dan dapat memanfaatkan empat fasilitas: mengirim laporan, kritik, pelayanan lain, dan informasi publik. 
Pelayanan Panic Button on Hand dilaksanakan oleh seluruh petugas dan ter integrasi dengan seluruh fungsi Polres dan Polsek setiap hari 24 jam mempedomani standar operasional prosedur (SOP). Sebelum inovasi, penanganan permasalahan masyarakat lamban dan tidak rapi. Setelah inovasi, terjadi komunikasi cepat jajaran Polres Malang Kota dengan masyarakat. Jumlah laporan masyarakat meningkat. Banyak kritik dan saran, tersedia berbagai jenis layanan masyarakat, pemanfaatan media informasi publik, penanganan pengaduan masyarakat, dan sosialisasi program Panic Button. Manfaat utama inovasi adalah kemudahan bagi masyarakat untuk melapor ke Polisi, biaya sangat murah bahkan gratis, dan mendapatkan pelayanan Polisi tepat waktu. Walaupun baru 269 orang (8%) yang memanfaatkan fasilitas panic button dari 3.432 orang pengunduh aplikasi dalam waktu 90 hari, menunjukkan animo besar masyarakat untuk menggunakan fasilitas pelayanan Panic Button. Program ini meningkatkan kualitas pelayanan Polri kepada masyarakat dengan standar nasional. Namun jika inisiatif masih bersifat sektoral, lokal, dan tidak didukung kesatuan di atas, inisiatif akan mengalami penurunan kualitas cepat atau lambat

Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya

  • Publikasi
  • Provinsi
  • SDG's
  • 14 Oct 2024
  • JAWA TIMUR
  • Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh

0

0

  • Dilihat
  • Minat
  • Kesepakatan
  • Replikasi
  • 158
  • 0
  • 0
  • 8

Wilayah Instansi & Inovasi

Kepolisian Negara Republik Indonesia

JAWA TIMUR

Polresta Malang Kota, Polda Jawa Timur

Hak Cipta(C)2022 - 2025 Etalase Pelayanan Publik dari Seluruh Daerah di Indonesia | Privacy Policy