Media Center Pemerintah Kota Surabaya

Berjalan dengan pengembangan
Pelayanan Informasi, Penanganan Keluhan, Layanan Pengaduan Masyarakat
Pemerintah Kota Surabaya,
SDG's - Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh
Oecd -
RB Tematik - Digitalisasi
Penghargaan - Top 99/2014
Kompetisi -

Kurasi Ringkasan

                      Diluncurkan pada 28 November 2011, Media Center Pemerintah kota Surabaya dikembangkan untuk menjadi wadah bagi masyarakat yang ingin menyampaikan keluhan atau memohon informasi seputar Pemerintah Kota Surabaya. Digagas oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya, Media Center Pemerintah Kota Surabaya berhasil mempersingkat prosedur yang harus dilalui masyarakat yang hendak menyampaikan keluhan atau memohon informasi seputar Pemerintah Kota Surabaya. Media Center Pemerintah Kota Surabaya juga berhasil mengurangi biaya yang harus ditanggung masyarakat maupun Pemerintah Kota Surabaya dan mempercepat jaring aspirasi dan informasi dari masyarakat ke Pemerintah Kota Surabaya. Sebelum Media Center di launching jumlah keluhan masyarakat dan permohonan informasi banyak terhambat sehingga dalam 1 tahun Pemerintah Kota Surabaya hanya menerima 698 berkas, namun setelah ada Media Center jumlah aspirasi dan permohonan tersebut meningkat menjadi 2466 berkas di tahun 2012 dan 4716 di tahun 2013. Dalam pelaksanaannya tim Media Center berkoordinasi dengan perwakilan dari tiap SPKD yang disebut Tim Pelayanan Keluhan / Pengaduan Masyarakat (TPKPM) dan mengacu pada SOP yang ada. Untuk menunjang kegiatan Media Center, dibutuhkan organisasi kerja sebagai redaktur media center, operator media center dan teknikal support. Media Center dibiayai oleh APBD melalui Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Surabaya dan untuk pengembangan aplikasi system di Media Center, turut melibatkan pihak perguruan tinggi ternama di Surabaya. Monitoring dilakukan setiap hari atas keluhan atau permohonan informasi yang masuk serta direkap setiap bulannya dan dicetak dalam buku Layanan Informasi dan Komunikasi.
Pembelajaran utama yang didapat dari Media center Pemerintah Kota Surabaya adalah meningkatnya konektivitas dan proksimitas antara Pemerintah Kota Surabaya dan Masyarakat dikarenakan tersalurkannya aspirasi masyarakat. Meningkatnya peran aktif masyarakat dalam mendukung dan memberikan aspirasi yang konstruktif kepada pemerintah. Media Center ini sangat mungkin untuk dikembangkan menjadi besar dan beragam karena didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Kota Surabaya. Media CenterPemerintah Kota Surabaya merupakan pengembangan fungsi dari fungsi Media Center yang telah ada yang biasanya hanya untuk menjadi pusat informasi bagi media massa. Media Center Pemerintah Kota Surabaya membawa perubahan pada peningkatan kualitas dan kecepatan pelayanan masyarakat, peningkatan kinerja personel media center dan 
peningkatan kinerja Pemerintah Kota Surabaya sehingga dapat memberikan pelayanan prima bagi masyarakat.
                    
        

Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya

  • Publikasi
  • Provinsi
  • SDG's
  • 04 Jul 2024
  • JAWA TIMUR
  • Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh

0

0

  • Dilihat
  • Minat
  • Kesepakatan
  • Replikasi
  • 202
  • 0
  • 0
  • 0

Wilayah Instansi & Inovasi

Pemerintah Kota surabaya

JAWA TIMUR

Dinas Komunikasi dan Informatika

Hak Cipta(C)2022 - 2025 Etalase Pelayanan Publik dari Seluruh Daerah di Indonesia | Privacy Policy