Audit Kinerja Internal Terhadap Standar dan Prosedur Pelayanan

Berjalan
Kualitas dan Kinerja, Audit Internal
Supriyono, AKS, MP
SDG's - Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh
Oecd -
RB Tematik -
Penghargaan - Top 99/2014
Kompetisi -

Kurasi Ringkasan

                      Pada tahun 2009, kualitas dan kinerja aparatur di BBRSBG Kartini Temanggung dalam memberikan pelayanan masih dinilai kurang. Hal ini ditunjukkan dari data penerima pelayanan yang memberikan aduan/keluhan/ saran/kritik/masukan terkait kualitas dan kinerja pelayanan masih cukup banyak. Dari 81 umpan balik yang disampaikan penerima pelayanan/keluarga, sebanyak 22 orang (27,16 persen) menyampaikan keluhan/ saran/kritik terkait kinerja lembaga dalam memberikan pelayanan. Faktor penyebabnya adalah belum adanya kejelasan standar prosedur yang relevan serta kurang dilaksanakannya standar dan prosedur yang sudah ada secara konsisten. Sebagai solusinya, pada tahun 2011 BBRSBG Kartini Temanggung membuat inisiatif baru dengan melaksanakan audit internal. Kegiatan ini merupakan wujud komitmen BBRSBG Kartini Temanggung dalam menerapkan sistem manajemen mutu dengan tujuan memastikan bahwa standar yang ditetapkan diterapkan secara konsisten oleh seluruh jajaran BBRSBG Kartini Temanggung. Secara teknik, audit internal dilakukan dengan: 1. Bidang/ bagian/seksi/sub bagian/ /unit pelayanan satu mengaudit Bidang/ bagian/seksi/ sub bagian/ /unit pelayanan lainnya. 2. Hasil audit internal disampaikan dalam rapat evaluasi/ Rapat Tinjauan Manajemen dan harus ditindaklanjuti oleh bidang/ bagian/seksi/sub bagian/ /unit pelayanan terkait sesuai waktu yang disepakati. Dampak dari audit internal ini cukup signifikan bagi peningkatan kinerja. Hal ini terlihat dari : 1) Prosedur mutu yang ditetapkan semakin dilaksanakan secara konsisten oleh seluruh jajaran BBRSBG Kartini Temanggung yang dibuktikan hasil audit internal terhadap pelaksanaan prosedur. Pada tahun 2012, prosedur yang dilaksanakan secara konsisten mencapai 93,82 persen dan meningkat menjadi 95,55 persen di tahun 2013. 2) Skor IKM BBRSBG Kartini Temanggung sebelum ada audit internal hanya mencapai skor 76,47 (tahu 2010) dan meningkat menjadi 84,01 di tahun 2012 dan 86,11. Tahun 2013. 3) Dalam dua tahun terakhir tidak ada pengaduan/keluhan dari penerima pelayanan.
                    
        

Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya

  • Publikasi
  • Provinsi
  • SDG's
  • 07 Feb 2024
  • JAWA TENGAH
  • Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh

0

0

  • Dilihat
  • Minat
  • Kesepakatan
  • Replikasi
  • 142
  • 0
  • 0
  • 0

Wilayah Instansi & Inovasi

Kementerian Sosial

JAWA TENGAH

Ditjen Rehabilitasi Sosial

Hak Cipta(C)2022 - 2025 Etalase Pelayanan Publik dari Seluruh Daerah di Indonesia | Privacy Policy