SOPP DAN PPOB (SISTEM ONLINE PAYMENT POINT DAN PAYMENT POINT ONLINE BANK)

Berjalan
komunikasi dan informatika
PERUMDA AIR MINUM GIRI TIRTA SARI
SDG's - Kehidupan Sehat dan Sejahtera, Air Bersih dan Sanitasi Layak
Oecd -
RB Tematik - Digitalisasi ,
RB Tematik - Prioritas Presiden
Penghargaan - IGA 2020
Kompetisi -

Kurasi Ringkasan

a.   Dasar Hukum
Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 38 tahun 2017 tentang inovasi daerah, mendorong setiap daerah melakukan inventarisasi inovasi dan sebagai database inovasi daerah yang dimiliki oleh masing  masing daerah. Berdasarkan PP tersebut bertujuan untuk peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan  peran serta masyarakat, dan peningkatan daya saing daerah. Kemudian didukung oleh Peraturan Bupati wonogiri nomor 138 tahun 2021 tentang inovasi daerah tahun 2021, untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan, maka diperlukan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah. Inovasi daerah dapat berbentuk tata kelola pemerintahan, inovasi pelayanan public, dan inovasi daerah lainnya sesuai urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.
b.   Latar Belakang
Masyarakat umum pengguna produk barang dan jasa di era digitalisasi four point zero ( 4.0 ) saat ini kian hari kian cerdas dan kritis. Perumda Giri Tirta Sari Kabupaten Wonogiri saat ini dengan jumlah pelanggan yg sudah sangat banyak membutuhkan dukungan kemudahan akses kecepatan dan keamanan para pelanggannya dlm memenuhi kewajiban setiap bulannya yaitu membayar tagihan rekening air. Sebagai subyek utama masyarakat umum sebagai pelanggan Perumda Air Minum pun saat ini membutuhkan layanan yg mencakup aspek kecepatan, efektifitas dan efisiensi dan terpenuhinya aspek mutu layanan tersebut telah menjadi tantangan tersendiri bagi Perumda Giri Tirta Sari.
c.    Penjaringan Ide
Dalam menghadapi perkembangan yang serba maju agar dapat memberi solusi yang tepat dengan menyelenggarakan program aplikasi pembayaran rekening air secara Online/Non tunai. Dengan solusi ini diharapkan dapat menjadi langkah efektif perusahaan dalam membangun tingkat kepercayaan (Trust) yang tinggi dimata publik. Pada era transformasi Informasi berbasis teknologi dewasa ini aplikasi /program ini menjadi sarana untuk menjawab tantangan tersebut, pembayaran tagihan rekening air ini dapat dilakukan secara efektif dan efisien, menghemat waktu, tenaga dan biaya yg tidak didapat disaat pembayaran masih dilakukan secara manual / datang ke loket2 pembayaran.
d.   Pemilihan Ide   
Pemanfaatan sarana teknologi online pada Sistem Payment Poin Online dapat dilakukan dengan menggunakan Infrastruktur Teknologi yg sudah ada saat ini dan memanfaatkan konsep sharing infrastruktur teknologi dari penyedia jasa swasta/perbankan lainnya sehingga dapat menghasilkan efisiensi yang cukup besar bagi perusahaan. SOPP adalah layanan pembayaran tagihan rekening air PDAM secara online bekerjasama dengan pihak ketiga swasta sebagai loket2 pembayaran di kios-kios online atau menggunakan aplikasi mobile online shop  nbsp yang sudah sangat umum digunakan seperti Gojek, Bukalapak, Tokopedia dll. Sedangkan PPOB adalah layanan pembayaran tagihan rekening air PDAM secara online bekerjasama dengan pihak perbankan menggunakan aplikasi mobile banking ataupun dengan auto debet tagihan spt BNI, Bank Jateng, dll. Tujuan penerapan SOPP dan POBB adalah untuk mempermudah pelayanan kepada konsumen dalam hal pembayaran rekening air.
e.    Manfaat Inovasi (Terdapat kondisi sebelum dan sesudah)
Beberapa manfaat yg didapat dari Sistem Pembayaran Tagihan Rekening Air Online ini antara lain 1) Transaksi dilakukan secara cepat dan efektif serta real time, pelanggan dgn mobilitas yg tinggi sangat diuntungkan karena sangat efisien dalam segi waktu, biaya dan tenaga bila dibandingkan dgn pembayaran tagihan secara manual lewat loket pembayaran PDAM. 2) Bermanfaat dalam hal sebaran titik layanan pembayaran tagihan air yg tidak dibatasi lagi secara regional dan dapat dgn mudah diakses disekitar tempat tinggal pelanggan.    
f.    Dampak Inovasi (sisi keunggulan dan kebaharuan/spesifikasi produk)Inovasi ini dengan memanfaatkan teknologi dan informasi secara digital dapat mempermudah pelayanan kepada konsumen khususnya dalam hal pembayaran rekening air. Hasil yang di harapkan adalah kepuasan pelanggan terhadap pelayanan Perusahaan Air Minum Giri Tirta sari Kabupaten Wonogiri. Oleh karena itu dalam hal ini kecepatan pembayaran dan kepuasan pelayanan terhadap pelayanan yang diberikan oleh Perusahaan Air Minum Giri Tirta Sari Kabupaten Wonogiri menjadi poin khusus yang diperhatikan.

Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya

  • Publikasi
  • Provinsi
  • SDG's
  • 11 Sep 2024
  • JAWA TENGAH
  • Kehidupan Sehat dan Sejahtera, Air Bersih dan Sanitasi Layak

0

0

  • Dilihat
  • Minat
  • Kesepakatan
  • Replikasi
  • 1368
  • 0
  • 0
  • 3

Wilayah Instansi & Inovasi

Pemerintah Kabupaten Wonogiri

JAWA TENGAH

Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri

Hak Cipta(C)2022 - 2025 Etalase Pelayanan Publik dari Seluruh Daerah di Indonesia | Privacy Policy