PANDANARAN (Pelayanan Aduan UHC Warga Kota Semarang)
Berjalan
Efektifitas Institusi Publik untuk Mencapai TPB
Dr. dr. ABDUL HAKAM, Sp.PD., FINASIM Cs
SDG's - Tanpa Kemiskinan
Oecd -
RB Tematik -
Penyelesaian Kemiskinan
Digitalisasi
Penghargaan - Top 99/2022
Kompetisi -
Kurasi Ringkasan
PANDANARAN (Pelayanan Aduan UHC Warga Kota Semarang) dikembangkan karena banyaknya aduan masyarat yang tidak memiliki jaminan kesehatan tetapi membutuhkan perawatan di fasilitas kesehatan terutama kelompok rentan yaitu ibu hamil, disabilitas, orang sakit dan lansia. Prosedur pengadauan dari inovasi ini adalah secara tidak langsung masyarakat menyampaikan aduan melalui Lapor Gubernur, Lapor Hendi, Hotline UHC, Instagram, Facebook dan Twitter, secara langsung adalah masyarakat menyampaikan aduan secara langsung kepada Petugas di Loket UHC. Inovasi ini menggunakan aplikasi SIM UHC yang mengintegrasikan segenap pemangku kepentingan seperti dispendukcapil, BPJS Kesehatan dan Rumah Sakit di Kota Semarang, sehingga proses penyelesaian aduan masyarakat terkait program UHC menjadi lebih cepat.Dampak inovasi PANDANARAN adalah: 1) Meningkatkan kecepatan proses penyelesaian pengaduan UHC (14 x 24 jam menjadi 1x 24 jam), 2) Meningkatkan kepercayaan terhadap Program UHC Kota Semarang (Terlihat dari data capaian kepesertaan UHC di Kota Semarang mencapai 97,53 % di tahun 2022, dan 3) Meningkatkan kualitas dokumentasi pengelolaan pengaduan yang sistematis.Inovasi PANDANARAN ini masuk dalam kategori 2 yaitu efektifitas institusi publik untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan sehingga menjadikan akses aduan didukung platform digital menjadi mudah di jangkau seluruh lapisan masyarakat dan waktu penyelesaian aduan sangat cepat, terutama kelompok rentan yaitu ibu hamil, disabilitas, orang sakit dan lansia.
Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya
- 23 Dec 2024
- JAWA TENGAH
- Tanpa Kemiskinan
- Dilihat
- Minat
- Kesepakatan
- Replikasi
Wilayah Instansi & Inovasi
Pemerintah Kota Semarang
JAWA TENGAH
Dinas Kesehatan - RSUD Blambangan