SIPEKAN (Aplikasi Pesan Makan Pasien) RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi

Berjalan
kesehatan
RSUD Chasbullah Abdulmadjid
SDG's -
Penghargaan - INNOVATIVE GOVERNMENT AWARD 2022

Kurasi Ringkasan


Latar Belakang RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi merupakan rumah sakit yang selama ini menggunakan sistem pemesanan manual dalam menyediakan makanan untuk pasien rawat inap. Setiap hari staf perawat datang keruangan rawat inap pasien, mencatat data-data tentang status gizi kemudian data tersebut dikirimkan ke instalasi gizi. Instalasi gizi inilah yang bertugas untuk menerima data pesanan makan pasien, merekapnya, dan membuat hasil rekapitulasi berdasarkan data tersebut. Instalasi gizi bertugas untuk menentukan kebutuhan gizi yang diberikan kepada pasien atas dasar status gizi, pemeriksaan klinis, dan data laboratorium. Pencapaian gizi pasien yang baik ditentukan oleh kualitas dan kuantitas pangan yang dikonsumsi. Sistem pengolahan data gizi pasien yang masih diproses secara manual memiliki banyak kelemahan, yakni jarak ruang rawat inap dan Instalasi gizi yang berjauhan menyebabkan proses rekapitulasi data membutuhkan waktu lama, serta tingkat keakuratan yang rendah karena pemesanan yang dicatat secara manual yang membutuhkan kertas dalam jumlah banyak sehingga memungkinkan terjadinya human error. Hal inilah yang akhirnya memunculkan ide-ide untuk membuat proses semua itu menjadi cepat, akurat, dan terdokumentasi dengan baik. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibuatlah sebuah inovasi berupa aplikasi pemesanan makanan berbasis online yang dapat menjadi alternatif bagi staf perawat dan gizi dalam kegiatan pemesanan makanan pasien setiap harinya. Aplikasi ini membantu petugas rumah sakit dalam melakukan pencatatan status gizi pasien hingga proses rekapitulasi. Data Pendukung Menjawab tantangan era digital, pemesanan makanan untuk pasien dibuat menggunakan bahasa pemerograman berbasis web agar mudah di implementasikan dengan hanya memasukan alamat url pada web browser yang tersedia di berbagai perangkat teknologi informasi. Sistem pemesanan makanan berbasis online adalah sistem non tatap muka, dan paperless. Staf perawat dapat melakukan pemesanan makanan tanpa harus datang ke ruang instalasi gizi, sehingga waktu pelayanan menjadi lebih cepat. Mekanisme penggunaan aplikasi ini cukup mudah. Petugas dapat mengakses aplikasi ini melalui situs https://web.ircamsystem.com/home, kemudian melakukan login IRS menggunakan username dan password masing-masing, setelah itu petugas akan terhubung ke laman Integrity RSUDCAM System atau IRS. Petugas hanya cukup mengisi data identitas pasien berupa nama, KTP, alamat rumah, dan nomor telepon, selain itu melampirkan juga tempat atau ruangan dimana pasien dirawat beserta status gizinya. Data-data ini akan diolah oleh sistem hingga informasi didalamnya dapat segera diterima oleh bagian instalasi gizi, dan proses menyiapkan makanan untuk pasien data segera dilakukan. Kebaruan Inovasi Sistem pelayanan pemesanan makanan secara online adalah sebuah inovasi yang dibuat untuk mempermudah petugas RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Berbasis web dan dilakukan secara online, aplikasi ini memungkinkan petugas untuk dapat mengakses pelayanan kapanpun dan dimanapun. Sistem online dalam melakukan pemesanan makanan akan membantu petugas dalam memberikan pelayanan kepada pasien karena prosesnya yang mudah dan cepat. Sistem ini juga akan meningkatkan keakuratan karena semua data sudah tersimpan didalam sistem, sehingga adanya kesalahan yang disebabkan oleh kelalaian manusia dapat diminimalisir. Aplikasi ini didukung oleh verifikator, support IT dan call center yang bertugas 24 jam yang dapat dihubungi apabila petugas membutuhkan bantuan terkait aplikasi dan pelayanan. Aplikasi ini akan dimonitoring oleh kepala ruangan yang akan memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan pemantauan ruangan. Ruang Bangun Inovasi Kemajuan perkembangan teknologi informasi sangat cepat, hampir semua bidang dan aktifitas keseharian kita tidak terlepas dari kebutuhan atau penunjang teknologi informasi. Berimplementasi dari hal tersebut, maka bagian teknologi informasi RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi berupaya seoptimal mungkin mengembangkan sistem informasi untuk mempermudah berjalannya sistem pelayanan. Sistem berbasis online akan memberi kemudahan karena hanya cukup membuka web browser dan memasukan alamat https://web.ircamsystem.com/home. Penggunaan sistem ini dapar dilakukan dimanapun dan kapanpun. Petugas akan disajikan informasi alur pemesanan makanan, support yang langsung terhubung dengan petugas IT dan petugas call center 24 jam. Pengisian data pasien dari identitas, letak atau ruangan dimana pasien melakukan perawatan, status gizi, hingga proses rekapitulasi dapat dilakukan oleh petugas menggunakan sistem ini. Sistem pelayanan pemesanan makanan online dapat dilakukan secara real time, sehingga memberikan kemudahan kepada petugas rumah sakit dalam melakukan pelayanan. Tujuan pembuatan aplikasi ini dapat mengurangi penggunaan kertas, tidak membutuhkan waktu lama, akurat dan efesien, dengan aplikasi ini data-data dengan mudah diintegrasikan ke unit lain yang membutuhkan dan dalam pembuatan laporan prosesnya sangat mudah dan aman.

Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya

  • Publikasi
  • Provinsi
  • SDG's
  • 29 Apr 2024
  • JAWA BARAT

0

0

  • Dilihat
  • Minat
  • Kesepakatan
  • Replikasi
  • 25
  • 0
  • 0
  • 0

Wilayah Instansi & Inovasi

Pemerintah Kota Bekasi

JAWA BARAT

Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Perindustrian

Hak Cipta(C)2022 - 2024 Etalase Pelayanan Publik dari Seluruh Daerah di Indonesia | Privacy Policy