Kurasi Ringkasan
Proses pengajuan SKM warga Surabaya sebelumnya dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1.Warga datang ke kantor Dinas Sosial
2.Warga mendapatkan nomor antiran pelayanan SKM
3.Petugas pelayanan melakukan pengecekan berkas persayaratan. Jika berkas lengkapdan sesuai persyaratan maka pengajuan SKM diproses. Jika berkas tidak sesuai maka warga diarahkan untuk melengkapi berkas terlebih dahulu.
4.Berkas yang sudah lengkap diserahkan kepada petugas lain untuk proses pengajuan, proses ini dilakukan untuk membuat petugas pelayanan dapat melayani warga lebih cepat.
5.SKM yang telah diajukan selanjutnya akan dilakukan verifikasi kelurahan domisili dan dilakukan survey oleh Dinas Sosial untuk menentukan SKM tersebut dapat diterbitkan atau tidak. Selama proses ini, warga dapat melakukan pengecekan status pengajuan SKM melalui kelurahan domisili, Whatsapp Pelayanan atau datang ke Dinas Sosial.
6.Pengambilan SKM yang sudah terbit dapat dilakukan melalui Whatsapp Pelayanan, kelurahan domisili atau Dinas Sosial.
Dengan proses diatas membuat antrian panjang karena banyak warga yang datang langsung ke Dinas Sosial untuk melakukan pengajuan, pengambilan ataupun melakukan pengecekan status pengajuan SKM secara langsung. Pada proses diatas juga terdapat kekurangan dimana kemungkinan ada berkas yang terselip dan terlewatkan tidak diusulkan. Sehingga untuk mengatasi masalah ini Dinas Sosial melakukan inovasi untuk memudahkan warga dengan membuat pengajuan SKM Online.
Pengajuan SKM Online ini digunakan untuk memudahkan warga dalam melakukan proses permohonan SKM, dengan inovasi ini warga dapat melakukan pengajuan tanpa harus datang ke Dinas sosial. Pengajuan SKM Online dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1.Warga melakukan pengajuan SKM melalui link http://bit.ly/PengajuanSKMnonKesehatan dengan mengisi data diri dan melampirkan berkas persyaratan SKM.
2.Permohonan yang masuk dilakukan pengecekan berkas oleh petugas pelayanan SKM. Jika berkas lengkapdan sesuai persyaratan maka pengajuan SKM diproses. Jika berkas tidak sesuai maka admin Whatsapp Pelayanan SKM langsung mengirimkan penolakan SKM kepada pemohon.
3.Admin Whatsapp Pelayanan SKM setiap hari mengirimkan update status permohonan SKM kepada pemohon, sehingga warga dapat mengetahui status SKMnya.
4.SKM yang terbit ataupun ditolak langsung dikirimkan oleh Admin Whatsapp Pelayanan SKM.
Dengan proses inovasi Pengajuan SKM online ini proses pengajuan SKM lebih efisien dan efektif. Pengajuan SKM online memudahkan warga dalam melakukan pengajuan dan warga dapat mendapat feedback langsung terkait dengan pengajuan SKM tanpa harus datang ke Dinas Sosial. Proses usulan SKM lebih terorganisir karena usulan langsung masuk kedalam aplikasi sehingga tidak ada kemungkinan berkas terlewat dan belum diusulkan.
Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya
- Dilihat
- Minat
- Kesepakatan
- Replikasi
Wilayah Instansi & Inovasi
Pemerintah Kota surabaya
JAWA TIMUR
Dinas Sosial