SARJANA SIPESAT (Sarana Tanya Jawab dan Panduan Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Terpadu)
Berhenti
komunikasi dan informatika
Super Admin
SDG's -
Oecd -
RB Tematik -
Penghargaan -
Kompetisi -
Kurasi Ringkasan
Pelayanan publik merupakan suatu tolok ukur kinerja pemerintah yang paling kasat mata. Masyarakat dapat menilai langsung kinerja pemerintah berdasarkan pelayanan yang diterimanya. Untuk itu kualitas dan standar pelayanan publik di semua kementerian/lembaga/pemerintah daerah adalah suatu hal yang mendasar yang harus segera ditingkatkan.
Adanya standarpelayanan publikmemberikan keterbukaan akses informasi kepada masyarakat sehinggadalamsebuahpelayananbaik persyaratan, prosedur, biaya dan jangka waktu dapat diukur dan diketahui masyarakat tanpa mengalami kebingungan serta menuntut pengawasan masyarakatdalampenyelenggaraannya.
Salah satu bentuk peningkatan pelayanan public di Kabupaten Situbondo adalah penggunaan Aplikasi dalam hal administrasi kependudukan dan surat-surat dari desa dan kecamatan se-Kabupaten Situbondo yaitu SIPESAT (sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Terpadu). Dikarenakan aplikasi tersebut tergolong baru dan harus segera digunakan di tingkat Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Situbondo untuk menunjang Motto Kabupaten Situbondo yaitu PAKEM (Pelayanan Aktif, Kreatif, Efektif Efisien, Memuaskan) serta merupakan salah satu program unggulan Bapak Bupati Situbondo terkait pelayanan administrasi yang dibutuhkan masyarakat cukup di tingkat Desa, maka timbul banyak masalah/kendala dan pertanyaan-pertanyaan terkait pengoperasian/penggunaan aplikasi tersebut sehingga menghambat pelayanan kepada masyarakat. Dikarenakan keterbatasan SDM, jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan via WA, Telefon, SMS dan juga via Surat yang ditujukan ke beberapa tenaga teknis di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Situbondo tidak seragam bahkan ada yang tidak terjawab.
Sehingga setelah dilakukan analisis menggunakan metode AKPL dan USG, maka dirasa sangat penting untuk membuat Sarana Tanya Jawab (F.A.Q) dan Panduan tentang Penggunan Aplikasi SIPESAT (Sistem Informasi Pelayana Masyarakat Terpadu) di Tingkat Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Situbondo demi mengatasi masalah tersebut dan untuk mempermudah serta menyeragamkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan para pengguna baik di tingkat Desa maupun tingkat Kecamatan se-Kabupaten Situbondo.
Sarana Tanya Jawab (F.A.Q) dan Panduan tentang Penggunan Aplikasi SIPESAT (Sistem Informasi Pelayana Masyarakat Terpadu) ini merupakan pembaharuan/baru di Aplikasi SIPESAT dan asli dibuat oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Situbondo. Sarana Tanya Jawab (F.A.Q) dan Panduan ini juga dimasukkan ke dalam Aplikasi SIPESAT serta disertakan juga tombol untuk mengunduh panduan tersebut demi efektivitas dan efisiensi pengguna dalam mengatasi masalah/kendala yang muncul saat penggunaan aplikasi SIPESAT tersebut.
Sarana Tanya Jawab (F.A.Q) tentang Penggunan Aplikasi SIPESAT (Sistem Informasi Pelayana Masyarakat Terpadu) ini berisi pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul disertai jawabannya sehingga pengguna dapat langsung mengatasi masalah/kendala yang muncul saat itu juga tanpa harus menghubungi admin kabupaten. Sarana Tanya Jawab (F.A.Q) ini juga menggunakan metode pencarian otomatis (search engine) dengan cara mengetikkan 2-3 huruf/karakter saja maka otomatis akan muncul pertanyaan lengkap dengan jawabannya terkait dengan yang dicari/dibutuhkan pengguna.
Panduan tentang Penggunan Aplikasi SIPESAT (Sistem Informasi Pelayana Masyarakat Terpadu) ini berisi tentang tata cara penggunaan Aplikasi tahap demi tahap dari awal masuk sampai cetak dokumen, macam-macam fitur dan juga pengelolaan akun baik tingkat Desa maupun Kecamatan.
Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya
- Dilihat
- Minat
- Kesepakatan
- Replikasi
Wilayah Instansi & Inovasi
Pemerintah Kabupaten situbondo
JAWA TIMUR
DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN PERSANDIAN