SIJONI (SIstem Jaminan OnlIne) dalam Program Layanan Kesehatan Masyarakat Berbasis NIK Kota Bekasi.

Berjalan
kesehatan
Dinas Kesehatan Kota Bekasi
SDG's -
Penghargaan - INNOVATIVE GOVERNMENT AWARD 2022

Kurasi Ringkasan


Latar Belakang Kota Bekasi merupakan kota metropolitan dengan penduduk sebanyak 2.468.251 jiwa. Jumlah tersebut menjadikan Bekasi sebagai kota dengan penduduk tertinggi setelah DKI Jakarta dan Surabaya. Dengan jumlah penduduk yang cukup banyak ini, Kota Bekasi harus mampu menyediakan sarana dan prasarana berbagai kegiatan aktivitas kehidupan masyarakat termasuk mengenai pelayanan kesehatan. Kegiatan pelayanan kesehatan pun diketahui masih belum adanya mekanisme screening untuk mendeteksi penduduk Kota Bekasi yang terdaftar sebagai Peserta Penerima LKM, BPJS, PBI APBD, dan APBN. Selain itu, proses klaim jika menggunakan berkas fisik harus memerlukan tempat penyimpanan berkas dan waktu verifikasi yang lama. Sama halnya pada proses approval, hasil verifikasi dan proses pembayaran yang belum menggunakan sistem komputerisasi akan menghabiskan waktu lama. Menilik dari permasalahan mengenai rumit dan bertele-telenya pengarsipan dan pengolahan data terkait kegiatan pelayanan kesehatan. Dalam hal ini, Dinas Kesehatan Kota Bekasi menerapkan penggunaan teknologi informasi sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan. Pelayanan tersebut dijalankan secara digitalisasi dengan membuat sebuah aplikasi Sistem Jaminan Online atau SI JONI. SI JONI merupakan sebuah aplikasi yang mendukung program Layanan Kesehatan Masyarakat berbasis NIK Kota Bekasi. Dalam aplikasi tersebut tercantum proses pengelolaan kepesertaan, pembuatan surat rujukan puskesmas, surat rekomendasi Dinas Sosial, Surat Keterangan Layanan Kesehatan (SKLK) sebagai surat jaminan pembiayaan, proses klaim secara digital, verifikasi dan pencatatan pembayaran. Data Pendukung Adanya aplikasi SI JONI akan menjadi jawaban dari kebutuhan yang dapat mengakomodir penggunaan berkas digital. Selain itu, proses klaim pelayanan kesehatan, dan verifikasi pun dapat dilakukan secara cepat dan tidak menggunakan ruang penyimpanan. Terdapat pula menu approval secara berjenjang sebagai kontrol dalam melakukan pembayaran berdasarkan hasil verifikasi. SI JONI dilengkapi dengan berbagai proses administrasi terkait pelayanan kesehatan meliputi proses pembuatan Surat Rujukan Puskesmas, Surat Jaminan Pelayanan secara Online, Penerapan berkas klaim, serta pengelolaan data kepesertaan berdasarkan Data Konsolidasi Bersih. Dengan adanya aplikasi SI JONI ini memudahkan masyarakat karena proses yang dilakukan lebih efisien dan efektif dibanding dilakukan secara manual. Adanya aplikasi tersebut guna mewujudkan tata kelola program yang akuntabel, efektif, dan efisien. Kesuksesan aplikasi SI JONI yang diluncurkan oleh Dinas Kesehatan Sosial ini membuat adanya potensi untuk Pemerintah Daerah lain melakukan replikasi. Diketahui pemerintah Kota Bekasi telah menerima beberapa kunjungan studi banding dari Pemerintah Daerah lain terkait pelaksanaan program pengelolaan jaminan kesehatan. Kebaharuan Inovasi Inovasi penerapan teknologi komunikasi dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan ini berupa peluncuran aplikasi SI JONI. SI JONI membawa berbagai manfaat positif dalam kegiatan pelayanan kesehatan khususnya untuk masyarakat. Aplikasi SI JONI terus melakukan inovasinya dengan turut mengembangkan aplikasi berbagai versi. Sejak tahun 2017 diawali dengan SI JONI versi 1 dengan proses pembuatan Surat Rujukan Puskesmas dan Surat Jaminan Pelayanan secara online. Pada Juli 2019 aplikasi SI JONI mengalami perubahan dengan adanya penerapan berkas klaim secara digital. Pada SI JONI versi 3 terdapat penambahan pengelolaan data kepersertaan berdasarkan Data Konsolidasi Bersih. Serta, SI JONI versi 4 diluncurkan pada bulan Mei 2021 lalu. Aplikasi SI JONI telah digunakan oleh 43 Puskesmas, 51 Rumah Sakit dalam dan luar Kota Bekasi, serta Dinas Sosial. Pengembangan aplikasi ini pun dilakukan oleh Dinas Kesehatan dengan berkolaborasi dengan perangkat daerah dan instansi lainnya. Instansi tersebut meliputi Dinas Sosial, Puskesmas Kota Bekasi, Rumah Sakit Dalam dan Luar Kota Bekasi, dan Verifikator Independen Rancang Bangun Inovasi Dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan dengan memanfaatkan teknologi digitalisasi, Dinas Kesehatan Kota Bekasi membuat aplikasi Sistem Jaminan Online atau SI JONI. SI JONI merupakan sebuah aplikasi yang menyediakan fasilitas pengarsipan, pengelolaan maupun pengolahan data terkait kegiatan pelayanan kesehatan. Penggunaan inovasi aplikasi SI JONI ini sangat memudahkan masyarakat karena di dalamnya sudah tersedia data kependudukan Kota Bekasi dan data kepesertaan penerima LKM, BPJS, PBI APBD, dan APBN yang ditetapkan Dinas Sosial. Sehingga, dalam pembuatan surat rujukan, surat rekomendasi Dinas Sosial, dan surat jaminan tepat sasaran untuk masyarakat Kota Bekasi yang bukan peserta BPJS atau BPJS Non Aktif. Ditambah lagi, dengan adanya database data tersebut membuat pelayanan lebih efisien karena tak memerlukan waktu lama terkait pemberkasan fisik. Aplikasi SI JONI dalam program Layanan Kesehatan Masyarakat Kota Bekasi ini juga mendukung pencapaian SDGs, salah satunya pada tahun 2030, mengurangi rasio angka kematian ibu hingga kurang dari 70 per 100.000 kelahiran hidup.

Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya

  • Publikasi
  • Provinsi
  • SDG's
  • 30 Apr 2024
  • JAWA BARAT

0

0

  • Dilihat
  • Minat
  • Kesepakatan
  • Replikasi
  • 41
  • 0
  • 0
  • 0

Wilayah Instansi & Inovasi

Pemerintah Kota Bekasi

JAWA BARAT

Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Perindustrian

Hak Cipta(C)2022 - 2024 Etalase Pelayanan Publik dari Seluruh Daerah di Indonesia | Privacy Policy