WargaKu (Wadah Aspirasi Rukun Warga Rukun Tetangga dan Kampung Unggul)

Berjalan
komunikasi dan informatika
Muhamad Fikser, AP, MM
SDG's - Industri Inovasi dan Infrastruktur
Oecd -
RB Tematik - Peningkatan Investasi
Penghargaan - INNOVATIVE GOVERNMENT AWARD 2022
Kompetisi -

Kurasi Ringkasan

                      Pemerintah Kota Surabaya memiliki banyak layanan publik yang telah didukung melalui aplikasi-aplikasi seperti layanan perizinan melalui aplikasi SSW dan layanan pengaduan melalui aplikasi media center. Pemanfaatan aplikasi tentu mempermudah pelaksanaan layanan publik baik bagi masyarakat maupun Pemerintah Kota Surabaya. Namun semakin banyak aplikasi dan tidak didukung dengan layanan integrasi, justru dapat mempersulit masyarakat dalam mengakses layanan publik pada aplikasi berbeda-beda. Sehingga untuk mengakomodir seluruh layanan publik yang dimiliki Pemerintah Kota Surabaya perlu adanya suatu platform yang dapat diakses oleh masyarakat secara mudah dan cepat. Platform tersebut adalah WargaKu (Wadah Aspirasi Rukun Warga Rukun Tetangga dan Kampung Unggul) yang merupakan aplikasi berbasis mobile android yang dapat mengakses berbagai layanan publik yang disediakan oleh Pemerintah Kota Surabaya. Awalnya Aplikasi WargaKu hanya memiliki layanan pengaduan atau disebut media center, hingga saat ini WargaKu telah menambahkan layanan publik yang terdiri dari 9 layanan publik,yaitu:1.  Layanan Pengaduan Masyarakat (Media Center)Media Center adalah layanan penyampaian pengaduan masyarakat Kota Surabaya. Masyarakat dapat membuat pengaduan dalam 5 kategori yaitu apresiasi, keluhan, kritik, permohonan informasi, dan saran.2.  Layanan Kependudukan (Klampid)  Klampid adalah layanan administrasi kependudukan yang membantu masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan seperti KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perkawinan, Akta Perceraian, Pemutakhiran Biodata, Surat Pindah Keluar Masuk, dan Layanan Legasir secara online.3.  Layanan Kesehatan (e-Health) E-Health adalah layanan publik milik Pemerintah Kota Surabaya di bidang kesehatan. Masyarakat dapat melakukan pendaftaran pasien secara online dan dapat mengetahui lokasi fasilitas kesehatan yang tersebar di Kota Surabaya.4.  Layanan Perizinan (SSW) SSW adalah layanan publik milik Pemerintah Kota Surabaya di bidang perizinan. Masyarakat dapat melakukan permohonan perizinan pada layanan SSW serta dapat melakukan monitoring berkas yang sedang dalam proses. Pada saat klik Permohonan Perizinan masyarakat diarahkan ke website sswalfa.surabaya.go.id.5.  Layanan Sosial Masyarakat  Layanan Sosial Masyarakat merupakan layanan yang membantu masyarakat Kota Surabaya untuk mengecek apakah mereka atau saudara atau warga sekitarnya termasuk MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah).6.  Layanan Pemberdayaan Ekonomi Layanan Pemberdayaan Ekonomi merupakan layanan yang menyediakan info Daftar Pelaku Usaha di Surabaya yang terdiri dari UMKM, Toko Kelontong, dan Sentra Wisata Kuliner.7.  Layanan PPID  Layanan PPID merupakan layanan permohonan informasi publik kepada PPID Kota Surabaya. Masyarakat dapat mengajukan permohonan informasi dan keberatan ketika permohonan informasi ditolak oleh PPID pada layanan ini. Masyarakat diarahkan ke website ppid.surabaya.go.id ketika klik Ajukan Permohonan Informasi.8.  Layanan Wasit Vaksin Wadul Sertifikat Vaksin merupakan layanan pengaduan terkait data vaksin yang kegiatan vaksinasinya diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Surabaya. Masyarakat cukup mengajukan formulir keluhan pada layanan ini.9.  Layanan Usul Bansos.  Usulan Penerima Bansos merupakan layanan pengajuan usulan penerima bantuan sosial (Bansos). Masyarakat juga dapat mengecek data usulan bantuan dengan menginput NIK yang diusulkanKedepannya aplikasi WargaKu akan terus dikembangkan menjadi wadah atau platform layanan publik masyarakat yang mudah dan cepat.
                    
        

Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya

  • Publikasi
  • Provinsi
  • SDG's
  • 11 Sep 2024
  • JAWA TIMUR
  • Industri Inovasi dan Infrastruktur

0

0

  • Dilihat
  • Minat
  • Kesepakatan
  • Replikasi
  • 587
  • 0
  • 0
  • 0

Wilayah Instansi & Inovasi

Pemerintah Kota surabaya

JAWA TIMUR

Dinas Komunikasi dan Informatika

Hak Cipta(C)2022 - 2025 Etalase Pelayanan Publik dari Seluruh Daerah di Indonesia | Privacy Policy