PELANGI (Pelayanan Lansia Resiko Tinggi)

kesehatan
puskesmas mungkur agung
SDG's - Kehidupan Sehat dan Sejahtera
Oecd -
RB Tematik -
RB Tematik - Prioritas Presiden
Penghargaan - INNOVATIVE GOVERNMENT AWARD 2022
Kompetisi -

Kurasi Ringkasan

                      PELANGI
(Pelayanan Lansia Resiko Tinggi)  
   Salah satu bentuk pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah adalah pelayanan kesehatan masyarakat. Pelayanan kesehatan merupakan salah satu hak mendasar yang dimiliki oleh masyarakat. Oleh karena itu, pelayanan kesehatan harus mampu menyentuh semua golongan, termasuk di dalamnya adalah golongan masyarakat lansia. Mengingat para lansia ini dihadapkan pada masalah-masalah penyakit degeneratif dan ketahanan terhadap stresor sangat rentan sehingga membutuhkan perhatian dari Pemerintah maupun dinas terkait. Di saat pandemi Covid-19, golongan lansia juga termasuk kelompok yang rentan terpapar dan dapat diperberat dengan penyakit komorbidnya. Oleh karena itu, salah satu upaya yang ditempuh pemerintah untuk memberdayakan lansia adalah melalui Puskesmas. Sebagai penyedia layanan kesehatan, salah satu upaya puskesmas untuk memberikan pelayanan prima kepada lansia adalah melalui perwujudan Puskesmas Santun Lansia. Puskesmas Santun Lansia adalah Puskesmas yang memberikan pelayanan kesehatan kepada penduduk lansia yang meliputi promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif (Pusat Data dan Informasi, Kemenkes RI, 2017).
     Berdasarkan data Puskesmas Mungkur Agung Tahun 2020, cakupan pelayanan kesehatan usia lanjut baru mencapai 60% dari target 100% dan cakupan pembinaan lansia juga belum mencapai target yaitu cakupan pembinaan baru mencapai 60% dari target 100%. Hal ini membuat Puskesmas melaksanakan terobosan baru terkait kesehatan lansia yaitu PELANGI (Pelayanan Lansia Resiko Tinggi). PELANGI merupakan program puskesmas yang bersifat preventif dan promotif yang menggabungkan tiga kegiatan layanan utama yaitu pemberdayaan Posbindu Lansia, penyuluhan lansia dan kunjungan lansia berisiko tinggi. Melalui pemberdayaan Posbindu lansia diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup para orang tua yang lebih rentan terhadap penyakit dengan ikut serta memberdayakan kader kesehatan setempat dalam memantau kesehatan lansia yang ada di daerah itu secara individual dan detail. Selanjutnya dengan penyuluhan kesehatan dan kunjungan lansia resti diharapkan dapat tetap memantau dan menjaga kesehatan para lansia dengan memberikan pengetahuan yang benar terkait kesehatan. Tidak lupa setiap tahunnya dilakukan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Lansia setiap tanggal 29 Mei. Dengan keseluruhan kompleksitas kegiatan PELANGI maka lansia akan lebih aktif, mandiri dan produktif.
    Kegiatan inovasi ini juga terintegrasi lintas program sehingga program yang berhubungan dengan inovasi PELANGI dapat terlibat, seperti program PTM, Kesehatan Indra, Perkesmas, Kesehatan Olahraga dan Survailens. Inovasi PELANGI juga terintergrasi lintas sektor seperti Pemerintah Kecamatan dan juga dari Pemerintahan Desa yang ada di wilayah kerja Puskesmas Mungkur Agung. Inovator mengupayakan agar program inovasi ini diharapkan selalu berjalan dengan baik dengan adanya sinergisitas atau dukungan melalui lintas program dan lintas sektor dalam pencegahan, penanganan dan penangulangan kesehatan lansia di wilayah, dan tentunya masyarakat sebagai pengguna akses layanan pelayanan kesehatan terpadu.
     Hasil dari Inovasi PELANGI yang sudah berjalan dapat terlihat dari peningkatan cakupan cakupan pelayanan kesehatan usia lanjut mencapai 60 % dan cakupan pembinaan lansia mencapai 80 %. Ke depannya, inovasi ini diharapkan selalu mendapatkan dukungan dari semua pihak sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh pengguna layanan khususnya para lansia sehingga dapat mengatasi masalah kesehatan sendiri serta dapat menjalani kehidupan yang produktif dimasa tua.
                    
        

Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya

  • Publikasi
  • Provinsi
  • SDG's
  • 28 Sep 2024
  • KALIMANTAN SELATAN
  • Kehidupan Sehat dan Sejahtera

0

0

  • Dilihat
  • Minat
  • Kesepakatan
  • Replikasi
  • 857
  • 0
  • 0
  • 0

Wilayah Instansi & Inovasi

Pemerintah Kabupaten tabalong

KALIMANTAN SELATAN

Puskesmas Mungkur Agung

Hak Cipta(C)2022 - 2025 Etalase Pelayanan Publik dari Seluruh Daerah di Indonesia | Privacy Policy