Sistem Informasi Manajemen Pelaporan (eSimpel)

Berjalan
lingkungan hidup
Agus Hebi Djuniantoro, ST, MT
SDG's - Air Bersih dan Sanitasi Layak
Oecd -
RB Tematik -
Penghargaan - INNOVATIVE GOVERNMENT AWARD 2022
Kompetisi -

Kurasi Ringkasan

                      Latar belakang adanya aplikasi Sistem Manajemen Pelaporan Elektronik (eSimpel) adalah :
Kewajiban pelaku usaha berdasarkan peraturan perundang-undangan adalah melaporkan pelaksanaan persetujuan lingkungan/izin lingkungan/dokumen lingkungan;
Kemudahan pelaku usaha dalam melakukan pelaporan secara online, yaitu efektif dan efisien;
Analisis terhadap dokumen pelaporan cetak lebih lambat;
Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat,dimana semua hal bisa dilakukan melalui sebuah perangkat yang memanfaatkan teknologi informasi untuk mengintegrasikan seluruh infrastruktur dan pelayanan (SmartCity) dalam pelaporan berbasis elektronik dengan tujuan untuk mempertinggi efektif dan efisiensi;
Bahwa pelaporan secara elektronik diperlukan untuk meningkatkan efektivitas sebagai bentuk pengawasan tidak langsung oleh Pemerintah Kota Surabaya dalah hal ini adalah Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya dalam memantau ketaatan pemegang izin di bidang lingkungan hidup, sehingga perlu dibentuk sistem pelaporan terintegrasi;
Bahwa informasi yang terkait dengan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup secara benar, akurat, terbuka dan tepat waktu diberikan dalam bentuk pelaporan yang disampaikan antara lain dalam bentuk elektronika;
Sehingga perlu disusun aplikasi pelaporan yang berbasis elektronik yang memudahkan pelaku kegiatan usaha dalam pelaporan pelaksanaan pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup dalam kegiatan usahanya
Oleh karena itu Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya membuat suatu program aplikasi, yaitu Sistem Manajemen Pelaporan Elektronik yang dibuat untuk dapat dijalankan di atas sistem operasi Windows. Dengan menggunakan database engine MySql sehingga aplikasi ini akan dapat dilanjutkan pengembangannya untuk lingkungan jaringan (network). 
Maksud dan tujuan pembuatan aplikasi ini adalah agar Pemerintah Kota Surabaya memiliki suatu sistem aplikasi (dalam bentuk perangkat lunak) yang mampu mengelola berbagai informasi yang terkait dengan pelaporan online kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya. Diharapkan aplikasi ini dapat menghasilkan database yang dapat memberikan informasi.
Pemerintah Kota Surabaya dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup mendorong transformasi digital ke dalam agenda mereka dan bahkan berkontribusi dengan memulai konsepsmart city dan merekrut tenaga operasional yang memiliki keahlian di bidang IT.
Pengganggaran pembangunan aplikasi tersebut dibebankan pada APBD Pemerintah Kota Surabaya dengan kode rekening Belanja Jasa Tenaga Administrasi (Tenaga Operasional/Administrasi 4).
                    
        

Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya

  • Publikasi
  • Provinsi
  • SDG's
  • 12 Sep 2024
  • JAWA TIMUR
  • Air Bersih dan Sanitasi Layak

0

0

  • Dilihat
  • Minat
  • Kesepakatan
  • Replikasi
  • 436
  • 0
  • 0
  • 0

Wilayah Instansi & Inovasi

Pemerintah Kota surabaya

JAWA TIMUR

Dinas Lingkungan Hidup

Hak Cipta(C)2022 - 2025 Etalase Pelayanan Publik dari Seluruh Daerah di Indonesia | Privacy Policy