PAK KLEPON (Pelayanan Konsultasi Lewat Telepon)

Berjalan
kesehatan
UPT PUSKESMAS KADUR
SDG's - Kehidupan Sehat dan Sejahtera
Oecd -
RB Tematik -
Penghargaan - INNOVATIVE GOVERNMENT AWARD 2022
Kompetisi -

Kurasi Ringkasan

                      Inovasi PAK KLEPON (Pelayanan Konsultasi Lewat Telepon) adalah bentuk inovasi pelayanan publik di UPT Puskesmas Kadur yang dibangun atau di bentuk untuk mengontrol kesehatan dan kesembuhan pasien pasca rawat inap di UPT Puskesmas Kadur. Berdasarkan motto UPT Puskesmas Kadur yaitu Anda Sehat, Kami Puas, maka diperlukan adanya sistem pelayanan yang mengutamakan kesehatan dan kesembuhan pasien yang berobat atau pasca rawat inap di UPT Puskesmas Kadur. Semakin banyaknya pasien yang menjalani rawat inap di UPT Puskesmas Kadur, artinya semakin tinggi kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan di UPT Puskesmas Kadur. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan pasien pasca rawat inap agar pasien tetap terkontrol kesehatannya sampai benar-benar sembuh total maka perlu adanya cara atau solusi untuk mewujudkannya. Pada tanggal 2 Januari 2020, UPT Puskesmas Kadur meluncurkan program inovasi yang berfokus dalam pelayanan konsultasi kesehatan pasca rawat inap. Petugas akan mendata pasien rawat inap bulan lalu yang memiliki jadwal kontrol ke Puskesmas Kadur. Kemudian petugas akan menghubungi pasien tersebut melalui sambungan telepon. Saat telepon sudah terhubung maka pasien akan berkonsultasi tentang kondisi kesehatannya. Petugas akan memberikan konseling terkait kondisi kesehatan pasien pasca rawat inap. Setelah konsultasi dan konseling sudah dirasa cukup, maka petugas akan mencatat hasil konsultasi. Jika pasien masih ada keluhan atau keluhan lainnya maka petugas akan menyarankan pasien kembali ke Puskesmas untuk mendapatkan pelayanan selanjutnya. Pelayanan Konsultasi Lewat Telepon (Pak Klepon) adalah bentuk inovasi pelayanan publik di UPT Puskesmas Kadur yang dibangun atau di bentuk untuk mengontrol kesehatan dan kesembuhan pasien pasca rawat inap di UPT Puskesmas Kadur. Inovasi ini dibentuk pada Tahun 2020 oleh Kepala UPT Puskesmas Kadur. Inovasi Pak Klepon ini dilaksanakan oleh Inovator atau Tenaga Kesehatan yang ditunjuk dan ditetapkan bersarkan Surat Keputusan Kepala UPT Puskesmas Kadur. Inovasi ini melibatkan banyak unit pelayanan diantaranya; Unit Pelayanan Pendaftaran, Unit Pelayanan Kegawatdaruratan, Unit Laboratorium, dan Unit Rawat Inap. Pasien yang datang akan dilayani berdasarkan indikasi penyakitnya. Jika Pasien terindikasi penyakitnya berat maka diperlukan pelayanan lebih lanjut dan perawatan yang intensif. Pasien dengan indikasi rawat inap akan dilakukan pelayanan rawat inap dan pasca rawat inap. Petugas akan mendata pasien rawat inap bulan lalu yang memiliki jadwal kontrol ke Puskesmas Kadur. Kemudian petugas akan menghubungi pasien tersebut melalui sambungan telepon. Saat telepon sudah terhubung maka pasien akan berkonsultasi tentang kondisi kesehatannya. Petugas akan memberikan konseling terkait kondisi kesehatan pasien pasca rawat inap. Setelah konsultasi dan konseling sudah dirasa cukup, maka petugas akan mencatat hasil konsultasi. Jika pasien masih ada keluhan atau keluhan lainnya maka nakes akan mengantarkan obat langsung ke rumah pasien.
                    
        

Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya

  • Publikasi
  • Provinsi
  • SDG's
  • 19 Oct 2024
  • JAWA TIMUR
  • Kehidupan Sehat dan Sejahtera

0

0

  • Dilihat
  • Minat
  • Kesepakatan
  • Replikasi
  • 148
  • 0
  • 0
  • 0

Wilayah Instansi & Inovasi

Pemerintah Kabupaten pamekasan

JAWA TIMUR

Dinas Kesehatan

Hak Cipta(C)2022 - 2025 Etalase Pelayanan Publik dari Seluruh Daerah di Indonesia | Privacy Policy