SID (Sistem Informasi Desa) Digital
Berjalan
komunikasi dan informatika
Desa Baturetno
SDG's - Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh
Oecd -
RB Tematik -
Peningkatan Investasi
RB Tematik - Prioritas Presiden
Penghargaan -
Kompetisi -
Kurasi Ringkasan
a. Dasar Hukum
Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 38 tahun 2017 tentang Inovasi Daerah, mendorong setiap daerah melakukan inventarisasi inovasi dan sebagai database inovasi daerah yang dimiliki oleh masingmasing daerah. Berdasarkan PP tersebut bertujuan untuk peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan peran serta masyarakat, dan peningkatan daya saing daerah. Kemudian didukung oleh Peraturan Bupati Wonogiri Nomor 138 tahun 2021 tentang Inovasi Daerah tahun 2021, untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan, maka diperlukan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah. Inovasi daerah dapat berbentuk tata kelola pemerintahan, inovasi pelayanan publik, dan inovasi daerah lainnya sesuai urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.
b. Latar belakang
Pelayanan publik desa adalah pelayanan yang diberikan oleh pemerintah sebagai penyelenggara pemerintahan desa terhadap masyarakat. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan informasi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memberikan informasi jalannya pemerintahan desa secara akuntabel dan transparan, sehingga birokrasi atau tatanan pelayanan kepada masyarakat semakin baik dan memudahkan akses oleh semua lapisan masyarakat desa. Desa Baturetno merupakan salah satu desa yang menjadi titik pusat perekonomian di Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri. Seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi yang merambah dalam birokrasi dan pelayanan publik menjadi dasar berbagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik tak terkecuali di Desa Baturetno. Dengan kondisi geografisnya yang strategis menjadi potensi yang dapat dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat melalui pelayanan publik berbasis teknologi.
c. Penjaringan Ide
Pemanfaatan teknologi dalam pelayanan publik hingga tingkat desa dan kelurahan yang ditandai dengan pelaksanaan pelayanan publik sudah menggunakan system online (daring) yang dapat berupa website maupun aplikasi.
d. Pemilihan Ide
Kebutuhan untuk menggunakan teknologi informasi dalam pelayanan publik di desa ditanggapi oleh Pemerintah Desa Baturetno dengan membuat Sistem Informasi Desa. Sistem informasi desa diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat yang terintegrasi secara online yang meliputi pelayanan admisnistrasi kependudukan dan catatan sipil serta akses informasi pembangunan dan program-program desa. Rancangan sistem informasi pelayanan desa berbasis website yang akan diterapkan di Desa Baturetno ini berbentuk website yang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai pendukung system manajemen basis data.
e. Manfaat Inovasi (Terdapat kondisi sebelum dan sesudah)
Fitur-fitur dalam Sistem Informasi Desa (SID) dapat mempermudah petugas Desa Baturetno untuk menerima dan menyelesaikan berbagai permohonan pelayanan publik oleh masyarakat. Sejak diluncurkan pada Januari 2020, inovasi Sistem Informasi Desa (SID) mampu mempercepat tugas-tugas pelayanan publik.
f. Dampak Inovasi (Sisi keunggulan dan kebaharuan/spesifikasi produk)
Sistem Informasi Desa (SID) berdampak pada waktu pelayanan yang lebih cepat dan pengolahan permohonan yang lebih optimal. Seiring dengan meningkatnya kualitas pelayanan publik kepada masyarakat, Sistem Informasi Desa (SID) Desa Baturetno juga meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dengan kemudahan akses informasi publik yang diposting di website SID. Sistem Informasi Desa (SID) Desa Baturetno memiliki potensi dikembangkan lebih lanjut untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik Pemerintah Desa Baturetno.
Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya
- 10 Sep 2024
- JAWA TENGAH
- Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh
- Dilihat
- Minat
- Kesepakatan
- Replikasi
Wilayah Instansi & Inovasi
Pemerintah Kabupaten Wonogiri
JAWA TENGAH
Dinas Informasi dan Informatika