SIPATEN (Sistem Pelayanan Administrasi Terpadu di Kecamatan dan Kelurahan)

Berjalan
administrasi kependudukan dan pencatatan sipil
Abu Bakar, SH Cs
SDG's - Kehidupan Sehat dan Sejahtera
Oecd -
RB Tematik - Digitalisasi
Penghargaan - INNOVATIVE GOVERNMENT AWARD 2022
Kompetisi -

Kurasi Ringkasan

                      Pelayanan administrasi merupakan tanggung jawab pemerintah atas kegiatan yang ditujukan untuk kepentingan publik atau masyarakat. Rasa puas masyarakat dalam pelayanan publik akan terpenuhi ketika apa yang diberikan oleh pegawai sesuai dengan apa yang mereka harapkan selama ini, dimana dalam pelayanan tersebut terdapat tiga unsur pokok yaitu biaya yang relatif murah, waktu untuk mengerjakan relatif cepat dan mutu yang diberikan relatif lebih bagus. 
Salah satu organisasi birokrasi yang memberikan pelayanan kepada masyarkat adalah kecamatan dan kelurahan. Kecamatan dan kelurahan merupakan line office dari pemerintah daerah yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Dalam hal tersebut terdapat beberapa kendala saat pengurusan administrasi, dimana Selama ini masyarakat dalam mengurus adminstrasi yang dibutuhkannya mesti datang ke Kantor Kelurahan atau Kecamatan. Dalam proses pengurusannya kadang membutuhkan waktu yang lama, misal adanya antrian sebelum mencapai petugas yang menangani administrasi yang durus, pejabat yang tidak berada ditempat dan kadang adanya kutipan biaya pengurusan. Berkenaan dengan itu dalam rangka mengimplementasikan Smart City di Kota Jambi maka dibuatlah aplikasi Sistem pelayanan administrasi umum di Kecamatan dan Kelurahan (SIPATEN). 
Dengan adanya SIPATEN diharapkan Tata Kelola Pemerintahan di Kecamatan dan Kelurahan akan lebih baik dan tertib.SIPATEN ini sendiri merupakan suatu terobosan baru yang dibuat Pemerintah Kota Jambi dalam meningkatkan layanan publik Aplikasi ini dapat digunakan untuk pengurusan administrasi umum seperti surat keterangan, surat rekomendasi, surat ijin usaha mikro. 
Dengan adanya aplikasi ini masyarakat tidak perlu datang ke kantor Kecamatan atau Kelurahan. Disamping itu juga untuk menghilangkan kemungkinan adanya biaya tambahan. Aplikasi ini merupakan implementasi dari pencampaian misi 1 Walikota Jambi yakni penguatan birokrasi dan meningkatkan pelayanan masyarakat berbasis teknologi informasi. Pembuatan aplikasi ini didorong oleh keinginan untuk meningkatkan layanan publik di Kecamatan dan Kelurahan. 
Untuk dalam wilayah Provinsi Jambi, aplikasi ini merupakan inovasi baru dalam pengurusan administrasi umum di Kecamatan dan Kelurahan. Pada saat Pandemik Corona, aplikasi SIPATEN sangat berguna sekali dalam menerapkan physical distancing
                    
        

Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya

  • Publikasi
  • Provinsi
  • SDG's
  • 17 Sep 2024
  • JAMBI
  • Kehidupan Sehat dan Sejahtera

0

0

  • Dilihat
  • Minat
  • Kesepakatan
  • Replikasi
  • 187
  • 0
  • 0
  • 0

Wilayah Instansi & Inovasi

Pemerintah Kota Jambi

JAMBI

Dinas Komunikasi dan Informatika

Hak Cipta(C)2022 - 2025 Etalase Pelayanan Publik dari Seluruh Daerah di Indonesia | Privacy Policy