SATGAS P2AB (SATUAN TUGAS PERCEPATAN PELAYANAN AIR BERSIH)

Berjalan dengan pengembangan
pekerjaan umum dan penataan ruang
Murni, S.Sos., MM Cs
SDG's - Air Bersih dan Sanitasi Layak
Oecd -
RB Tematik - Peningkatan Investasi , Digitalisasi
Penghargaan - INNOVATIVE GOVERNMENT AWARD 2022
Kompetisi -

Kurasi Ringkasan

                      Kabupaten Indragiri Hilir dikenal dengan julukan Negeri Seribu Parit merupakan dataran rendah, berawa, dengan hamparan gambut terluas di Provinsi Riau mencapai 998.610 Hektar dengan kedalam rata-rata mencapai 300 cm, kondisi ini membuat sulitnya masyarakat Indragiri Hilir dalam memdapatkan air bersih. Perusahan Umum Daerah Air Minum Tirta Indragiri adalah jawaban dari permasalahan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan air bersih, namun belum sepenuhnya berjalan maksimal sesuai yang diinginkan masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir. 
Rendahnya Kinerja penyelesaian masalah Air bersih pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Indragiri, membuat Pemerintah Daerah harus berfikir keras dan membuat sebuah terobosan membentuk Satuan Tugas Percepatan Pelayanan Air Bersih di Kabupaten Indragiri Hilir. 
Dari tingginya angka permasalahan terhadap pelayanan air bersih di Kabupaten Indragiri Hilir, hal ini disebabkan belum adanya koordinasi lintas sektoral dalam penyelesaian masalah pelayanan air bersih di Kabupaten Indragiri Hilir. 
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir melalui Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir perlu membuat sebuah terobosan dalam mengoptimalkan pengelolaan dalam pelayanan air bersih di Kabupaten Indragiri Hilir yang dikelola oleh Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Indragiri milik Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir.
Adapun terobosan yang dibuat dalam mengotimalkan pelayanan air bersih oleh Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Indragiri yakni dengan membentuk Satuan Tugas Lintas Sektoral dalam rangka Percepatan Pelayanan Air BesihDi Kabupaten Indragiri Hilir dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja Perumda Tirta Indragiri, sehingga keluhan masyarakat (pelanggan) terkait pelayanan air bersih dapat dengan cepat diatasi misalnya terkait kerusakan jaringan perpipaan yang bisa menghambat distribusi air bersih kemasyarakat serta terkait kualitas dan debit air. 
Satuan tugas litas sektorat tersebut disingkat dengaan Satgas P2AB (Satuan Tugas Percepatan Pelayanan Air Bersih) yang melibatkan Organisasi Perangkat Daerah Lainnya dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hilir yang menjadi bagian dari Satuan Tugas ini diantaranya : Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Satuan Polisi Pamong Praja, Kabupaten Indragiri Hilir, Inspektorat Daerah dan Perumda Tirta Indragiri serta Sekretariat Daerah yang terdiri dari Bagian Hukum dan Bagian Perekonomian SDA. 
Peran Stategis yang harus dimainkan oleh Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir sebagia bagian penting dalam Satgas P2AB tersbut yakni sebagai Sekretariat yang menjadi motor pergerakan Satgas P2AB. Oleh karen itu, terobosan-terobosan inovatif pun dibuat agar Sartgas P2AB dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam membantu Perumda Tirta Indragiri untuk memberikan pelayanan yang prima terakit penyediaan air bersih bagi masyarakat (pelanggan) yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir. 
Salah satu terobosan yang dibuat oleh Sekretariat P2AB yakni membuat layanan pengaduan online melalui dukungan website resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir dan penyediaan layanan telpon keluhan pelanggan serta layanan admni whatsapp serta adanya Group Whatsapp Satgas P2AB. Kesemuanya ini dilakukan oleh Sekretariat P2AB agar keluhan pelanggan terkait pelayanan air bersih bisa secara cepat ditanggapi dan secara cepat pula ditindak lanjuti oleh Satgas P2AB.
Selain itu, Perumda Tirta Indragiri juga telah mengembangkan GIS (Geographic Information System) atau Sistem Informasi Geografis berupa sistem informasi pemetaan berbasis komputer yang berguna untuk mendukung pengambilan keputusan terkait keluhan atau aduan masyarakat menyangkut pelayanan air bersih, melalui portal : https://gispdaminhil.com/
Dengan adanya GIS ini maka Perumda Trita Indragiri telah mempergunakan Teknologi Sistem Informasi Geografis untuk melakukan investigasi ilmiah, pengelolaan sumber daya, perencanaan pembangunan, kartografi (pembuatan peta) dan perencanaan rute. Hasil akhir dari proses GIS diwujudkan dalam peta atau grafik. Peta sangatlah efektif untuk menyimpan, memvisualisasikan dan memberikan informasi geografis dan berguna sebagai data acuan untuk melakukan tindakan atau pekerjaan.
Oleh karena itu, dengan adanya Satgas P2AB akan menambah kompleknya dukungan bagi Perumda Tirta Indragiri dalam menindaklanjuti segala bentuk keluhan dan aduan masyarakat terkait pelayanan air minum. Peta GIS digunakan sebagai Sumber Informasi Geografis secara elektronik bagi Perumda Tirta Indragiri untuk menentukan langkah penanganan keluhan/aduan masyarakat, sementara Satgas P2AB akan memberikan dukungan bagi Perumda Tirta Indragiri untuk mengambil langkah atau kebijakan yang lebih cepat dan tepat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Sejak adanya Satgas P2AB yang menyediakan fasilitas layanan pengaduan online bagi masyarakat (pelanggan), maka berbagai macam permasalahan terkait pelayanan air bersih yang dijalankan oleh Perumda Tirta Indragiri tersebut sudah dapat diatas dengan cepat dan tepat. Hal ini dibuktikan dengan hasil survey yang dilakukan oleh Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir pada bulan Desember 2021 terkait kualitas layanan Perumda Tirta Indragiri dengan sampel dari masyarakat pelanggan sebanyak 129 orang, yang mana porsentase kepuasan pelanggan sudah berada pada angka 70 % ke atas. Selain itu juga berdasarkan data dari Perumda Tirta Indragiri pada tahun 2021 telah terdapat 1268 bentuk aduan pelanggan terkait layanan air bersih yang dikelola oleh Perumda Tirta Indragiri, yang mana sudah 70 % lebih keluhan pelanggan tersebut telah diatasi atau telah ditindak lanjuti oleh Perumda Tirta Indragiri dengan dukungan Bersama dari Satgas P2AB.
                    
        

Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya

  • Publikasi
  • Provinsi
  • SDG's
  • 13 Sep 2024
  • RIAU
  • Air Bersih dan Sanitasi Layak

0

0

  • Dilihat
  • Minat
  • Kesepakatan
  • Replikasi
  • 225
  • 0
  • 0
  • 0

Wilayah Instansi & Inovasi

Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir

RIAU

Sekretariat Daerah

Hak Cipta(C)2022 - 2025 Etalase Pelayanan Publik dari Seluruh Daerah di Indonesia | Privacy Policy