Langsat Manis - Layanan Angkutan Masyarakat Nyaman dan Gratis

Berjalan dengan pengembangan
perhubungan
Arie Puji Hartanto, S. Si. T.
SDG's - Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan
Oecd -
RB Tematik - Penyelesaian Kemiskinan
Penghargaan - INNOVATIVE GOVERNMENT AWARD 2022
Kompetisi -

Kurasi Ringkasan

DASAR HUKUM
1. Peraturan Daerah Nomor 07 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Perhubungan.
2. Peraturan Bupati Nomor 23 Tahun 2014 tentang Standar pelayanan Minimal Angkutan Kota di Kabupaten Tabalong.
3. Peraturan Bupati Nomor 24 Tahun 2014 tentang Jaringan Trayek Angkutan Kota di Kabupaten Tablong.
4. Peraturan Bupati Nomor 25 Tahun 2014 tentang Pedoman Pengadaan Tenaga Kerja Kontrak pada Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong.
5. SK Kepala Dinas tentang SOP Terpadu penyelenggaraan Angkutan Kota di Kabupaten Tabalong Nomor B.590/ DISHUB/ SET/ 067/ 08/2014 
SOP Prosedur Pembayaran Honorarium/Gaji Tenaga Kontrak Penyelenggaraan Angkutan Kota.
SOP Prosedur Perawatan, Pemeliharaan dasn Perbaikan Armada Angkutan Kota. 
SOP Prosedur penjatuhan Hukuman Disiplin (Sanksi Administratif sampai dengan Pemecatan).
SOP Prosedur Penanganan Tindakan Kriminal dan Keadaan Darurat di Angkutan Kota.
SOP Prosedur Penanganan Tindakan Kriminal dan Keadaan Darurat Lingkup Keamanan Lingkungan Kantor.
SOP Prosedur Lintasan Angkutan Kota di Rute Trayek Angkutan
6. SK Kepala Dinas tentang SETK Tenaga Kerja Kontrak Khusus Penyelenggaran Angkutan Kota Nomor B.591/ DISHUB/ SET/ 067/ 08/2014
SETK Teknisi Angkutan Kota
SETK Pengemudi Angkutan Kota
SETK Petugas Keamanan (Security)
SETK Pengawas/Timer Angkutan Kota
SETK Petugas Administrasi/Keuangan
PERMASALAHAN

Belum optimalnya Pelayanan Langsat Manis yang harus dipenuhi sesuai dengan rencana induk angkutan pada dinas perhubungan yang melayani 18 trayek di wilayah utara, tengah dan selatan terintegrasi, menjangkau daerah terpencil, aman, nyaman dan murah. Dan kondisi existing pelayanan angkutan perkotaan di tahun 2020 hanya mengakomodir 6 trayek.
Belum optimalnya pada aplikasi Langsat Manis untuk pengguna dan aplikasi untuk PUB - G untuk operator.
Pandemi Covid - 19 yang memberikan dampak terhadap sektor transportasi.
Belum terakomodirnya Sarana angkutan untuk penyandang disabilitas.
Belum adanya asuransi penumpang.

ISU STRATEGIS
Isu strategis terhadap sektor transportasi darat dengan tema "Transformasi Perhubungan Darat Untuk Menghadapi Tantangan dan Peluang" yang terkait dengan inovasi ini adalah

Terus mendukung pelaksanaan protokol kesehatan di sektor transportasi darat sebagai upaya pencegahan dan penyebaran covid-19.
Meningkatkan penerapan dan optimalisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam meningkatkan layanan di sektor transportasi darat.
Mendorong tumbuhnya angkutan perkotaan dengan mekanisme/strategi yang disesuaikan dengan karakteristik masing-masing wilayah sehingga dapat mengurangi tingkat kemacetan.
Mendukung pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.
Melakukan evaluasi terus menerus baik masyarakat dan para petugas sehingga mempunyai etos kerja dan budaya yang kondusif demi terselenggaranya transportasi yang berkeselamatan.
Terus melakukan inovasi pola metode dan pendekatan untuk mewujudkan visi transportasi darat yang diharapkan oleh Pemerintah

METODE PEMBAHARUAN

Adanya tambahan armada dan trayek untuk wilayah utara, tengah dan selatan.
Adanya upgrade aplikasi Langsat Manis dan PUB - G untuk mengakomodir pelayanan angkutan di wilayah utara, tengah dan selatan.
Adanya pelayanan angkutan yang menyesuaikan dengan kondisi New Normal.
Adanya Perjanjian Kerja Sama dengan PT. Jasa Rahrja untuk asuransi penumpang.

KEBAHARUAN

Tersedianya 14 trayek pada tahun 2021 dan 18 trayek tahun 2022 pelayanan angkutan di wilayah utara, tengah, dan selatan.
Tersedianya Upgrade aplikasi yang telah melayani 14 trayek pada tahun 2021 dan 18 trayek tahun 2022.
Tersedianya Armada Langsat Manis yang sudah menysuaikan dengan kondisi new normal dari tahun 2021 - 2022.
Tersedianya Armada Langsat Manis memberikan perlindungan terhadap penumpang.

CARA KERJA

Memberikan pelayanan Langsat Manis untuk masyarakat di wilayah Kabupaten Tabalong sesuai dengan renca induk angkutan.
Berkoordinasi dengan Dinas Kominfo Kabupaten Tabalong untuk melakukan upgrade aplikasi.
Memodifikasi saran Langsat Manis untuk dapat menyesuaikan dengan tatanan baru (new normal).
Berkoordinasi, membuat MOU, dan PKS dengan PT Jasa Raharja untuk asuransi penumpang.

Daftar / Masuk
untuk melihat informasi selengkapnya

  • Publikasi
  • Provinsi
  • SDG's
  • 09 Oct 2024
  • KALIMANTAN SELATAN
  • Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan

0

0

  • Dilihat
  • Minat
  • Kesepakatan
  • Replikasi
  • 168
  • 0
  • 0
  • 7

Wilayah Instansi & Inovasi

Pemerintah Kabupaten tabalong

KALIMANTAN SELATAN

Dinas Perhubungan

Hak Cipta(C)2022 - 2024 Etalase Pelayanan Publik dari Seluruh Daerah di Indonesia | Privacy Policy